Rabu, 29 Februari 2012

Tips Kecantikan

Tips Kecantikan


Tanda-Tanda Kehamilan

Posted: 29 Feb 2012 02:45 AM PST

Tanda-Tanda Kehamilan

Tanda-Tanda Kehamilan

Beberapa wanita seringkali tidak sadar kalau dirinya tengah hamil, karena biasanya tanda hamil belum terlalu terlihat pada minggu-minggu awal kehamilan, baru setelah haid terlambat selama kurang lebih dua minggu, baru tanda hamil itu bisa dirasakan.

Yang utama sudah pasti tentu adalah haid yang tidak datang. Sel telur telah dibuahi dan tidak akan keluar dari rahim dalam bentuk darah seperti biasanya wanita yang tidak hamil. Setelah itu, baru gejala kehamilan lainnya akan datang secara bersama-sama.Beberapa tanda hamil yang bisa dijadikan patokan kehamilan yaitu kelelahan yang seringkali mendera.

Jika biasanya seorang wanita sangat aktif bergerak dan tiba-tiba merasakan kelelahan, bisa jadi dia sedang hamil. Hal ini semakin diperkuat dengan tanda yang lain berupa payudara yang menegang. Dua minggu setelah pembuahan, gejala kehamilan akan nampak pada payudara. Daerah aerola atau daerah kemerahan sekitar puting akan mulai membesar dan perubahannya tertangkap oleh mata.

Masalah perut juga mulai datang pada ibu hamil. Mulai dari mual hingga perut kembung. Mual disini sudah tentu berbeda dengan mual biasa yang dihadapi pada pagi hari, saat mabuk laut ataupun mabuk kendaraan. Mual disini disertai dengan keinginan yang tidak bisa ditangguhkan untuk memakan satu jenis makanan. Makanan yang umum adalah rujak atau buah-buah lain yang mempunyai rasa asam untuk menetralisir rasa mual ini. Nah, inilah yang disebut ngidam, dimana seorang wanita menginginkan makanan tertentu dalam waktu singkat.

Hamil juga mempengaruhi proses yang terjadi dalam tubuh. Seorang wanita yang hamil akan mengalami peningkatan frekuensi kencing. Gejala ini terjadi pada awal kehamilan dan akan terulang pada akhir-akhir kehamilan yaitu pada trimester terakhir. Proses reproduksi juga terpengaruh, dimana akan ada noda-noda bercampur kekuningan yang keluar dari rahim dan menempel di celana dalam.

Hal ini merupakan hasil dari perkembangan janin atau sel telur dalam dinding rahim. Semua gejala tersebut baru akan menjadi tanda hamil kalau diawali dengan terlambat haid. Jika tidak, maka semuanya hanyalah akibat dari proses metabolism biasa semata, bukan gejala kehamilan.

 

Susu Coklat Bikin Anak Gemuk

Posted: 28 Feb 2012 02:45 PM PST

Susu Coklat Bikin Anak Gemuk

Susu Coklat Bikin Anak Gemuk

Memilih susu coklat sebagai sumber tambahan zat gizi bagi anak-anak banyak dilakukan orang tua karena rasanya yang lebih lezat dan enak. Tetapi pemilihan susu coklat sebaiknya dipertimbangkan lagi, karena susu beraroma berpotensi memicu obesitas pada anak-anak.
Di Amerika Serikat, salah seorang direktur layanan gizi sekolah bahkan menyerukan agar susu coklat disingkirkan dari menu kantin sekolah. Pasalnya, susu coklat mengandung kalori lebih tinggi ketimbang susu plain yang rasanya tawar .
"Jika anak-anak memilih susu coklat daripada susu putih sepanjang tahun, berat badan mereka akan bertambah 2,5 sampai 3 pon (1-1,5 kilogram) dan dalam waktu 10 tahun, bobot tersebut bisa menjadi 25 sampai 30 pon," kata Ann Cooper saat menghadiri pertemuan dengan para pejabat di Washington membahas kualitas makanan di sekolah.
"Kita sudah menghadapi krisis kegemukan di negeri ini," kata Cooper, yang kini menjabat Direktur Layanan Gizi untuk sekolah di Boulder, Colorado, tempat ia telah menyingkirkan susu coklat dan susu dengan rasa lainnya dan menggantinya dengan susu organik murni yang dingin.
Kebanyakan susu coklat mengandung lebih dari 50 persen kalori dibandingkan dengan susu putih, dan gula yang sama dengan satu ons soda. "Susu coklat dan soda sama buruknya," kata Cooper.
Sajian delapan ons cair (sebanyak 240 mililiter) susu coklat rendah lemak Nesquik mengandung 200 kalori dan 30 gram gula — atau lebih dari isi kaleng 12 ons (350 mililiter) Coca Cola, yang mengandung 27 gram gula dan 140 kalori.
Tentu saja, susu dengan variasi rasa mengandung zat gizi yang tak ditemukan pada soda. Tapi susu murni mengandung nilai gizi yang sama dengan jumlah kalori yang lebih sedikit serta kadar gula hanya sepertiga dari susu dengan rasa bervariasi.
Pada konferensi mengenai kegemukan awal tahun ini, Thomas Frieden, pemimpin US Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menyatakan sekitar separuh dari tambahan 250 kalori yang dikonsumsi rata-rata orang Amerika saat ini – dibandingkan dengan 25 tahun lalu – berasal dari minuman dan makanan yang mengandung gula.
Industri susu tak tinggal diam dengan upaya menyingkirkan susu beraroma dari sekolah. Mereka berusaha membalas aktivis yang kontra susu beraroma dengan aksi melalui Internet yang disebut "Angkat tangan anda buat susu coklat".
"Sebagian sekolah dan kelompok pegiat sedang berusaha menghilangkan susu coklat rendah lemak dari kafetaria, tapi ini sesungguhnya akan lebih banyak mengandung kerugian ketimbang manfaat," kata National Dairy Council di jejaring pro-susu-beraroma, yang memperlihatkan sangat banyak kotak teks yang berwarna coklat.
"Susu coklat adalah pilihan susu paling kondang di sekolah, dan anak-anak akan minum lebih sedikit susu (dan memperoleh lebih sedikit gizi), jika susu coklat disingkirkan," katanya.

0 komentar:

Posting Komentar