Sabtu, 04 Februari 2012

Tips Kecantikan

Tips Kecantikan


7 Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

Posted: 04 Feb 2012 02:45 AM PST

7 Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

7 Manfaat Ikan Tuna Untuk Kesehatan

Tuna merupakan sumber nutrisi bagi tubuh, karena kaya akan kandungan protein dan nutrisi penting lain seperti mineral selenium, magnesium, dan potasium, vitamin B complex. Ikan tuna juga merupakan sumber omega-3. Disamping kandungan nutrisi yang dimiliki ikan tuna, berikut ini 7 manfaat ikan tuna bagi kesehatan :

1. Kesehatan Jantung

Kandungan omega 3 pada ikan tuna-lah yang bertanggung jawab untuk menjaga fungsi jantung. Hal ini karena kandungan omega 3 meningkatkan rasio konsentrasi HDL atau kolesterol baik dalam tubuh, menekan terjadinya pembekuan darah pada pembuluh darah, dan menjaga ritme detak jantung. Selain itu manfaat omega-3 lainnya adalah mencegah inflamasi.

2. Kesehatan Mata

Lagi-lagi kandungan omega-3 dan fungsinya untuk kesehatan, salah satunya menjaga kesehatan mata. Omega-3 mencegah tubuh melawan macular degeneration pada mata, suatu kondisi dimana penglihatan memburuk, yang berdampak pada kehilangan penglihatan saat berusia lebih dari 50 tahun. Dari berbagai studi juga menyarankan untuk mengkonsumsi omega-3 untu mengurangi resiko terkena kelainan mata .

3. Mencegah Kanker

Suatu studi menemukan bahwa tuna berperan untuk mencegah kanker salah satunya kanker ovari, kanker pankreas, dan jenis kanker yang menyerang saluran pencernaan lain (kanker mulut, faring, esophagus, perut, dan usus). Kandungan omega-3 yang berlimpah pada tuna juga bermanfaat untuk mencegah kanker payudara dan menurunkan resiko terkena leukimia.

4. Meningkatkan fungsi kognitif otak

Omega-3 membantu meningkatkan fungsi mengingat atau fungsi kognitif otak, sehingga terhindar dari penyakit degenarasi fungsi otak seperti Alzheimer karena membantu memperlancar suplai darah ke otak dan menurunkan resiko inflamasi, memperantarai signal agar dapat diterima oleh otak, pada orang yang menderita Alzhemeir akan mengalami gangguan dalam hal penyampaian signal atau impuls ke otak.

5. Menjaga Kestabilan mood

Bagi Anda yang berdiet dengan meningkatkan konsumsi tuna, akan membantu Anda untuk menjaga dan meningkatkan mood serta menghindarkan Anda dari stress. EPA pada omega-3 membantu meningkatkan aliran darah dan mempengaruhi hormon serta sistem imun, yang memiliki fungsi krusial untuk otak, DHA –asam omega-3, digunakan sebagai ion channel pada otak yang membantu transmisi signal, serta berperan dalam metobolisme serotonin –faktor utama penyebab depresi.

6. Meningkatkan response hormon Insulin

Tuna juga disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang menderita diabetes tipe-2, tentunya karena kandungan lemak omega-3 yang melimpah pada tuna.. Berbagai penelitian menyarankan, meskipun lemak jenuh yang notabene justru menyebabkan dan memicu kegemukan, jenis lemak pada ikan tuna –omega-3 memiliki peran sebaliknya, lemak pada tuna mencegah Anda dari kegemukan dan meningkatkan respon hormon insulin pada tubuh. Asam lemak omega 3 yang terkenal dengan nama EPA inilah yang membantu meregulasi berat badan dan juga metabolisme tubuh dengan mensekresi hormon leptin.

7. Membantu proses detoksifikasi

Selenium bersama dengan omega-3 yang terkandung dalam tuna, merupakan bahan bakar penting untuk produksi gluthathione peroxidase –jenis antioksidan. Antioksidan inilah yang berfungsi penting untuk kesehatan hati –yang berperan untuk detoksifikasi. Selenium juga berperan untuk mencegah kanker dan penyakit jantung.

manfaat ikan tuna, manfaat ikan tuna bagi kesehatan, pemanfaatan ikan tuna, pemanfaat ikan tuna, mnanfaat ikan, manfat ikan tunuh untuk ksehatan, manfaat ikan untuk kesehatan, manfaat ikan tuna dan perannya, cara memilih ikan tuna, manfaat ikan bagi kesehatan

Stres dan Penanggulangannya

Posted: 03 Feb 2012 11:01 PM PST

Stres dan Penanggulangannya

Stres dan Penanggulangannya

Hidup manusia ditandai oleh usaha-usaha pemenuhan kebutuhan, baik fisik, mental-emosional, material maupun spiritual. Bila kebutuhan dapat dipenuhi dengan baik, berarti tercapai keseimbangan dan kepuasan. Tetapi pada kenyataannya seringkali usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebut mendapat banyak rintangan dan hambatan.

Tekanan-tekanan dan kesulitan-kesulitan hidup ini sering membawa manusia berada dalam keadaan stress. Stress dapat dialami oleh segala lapisan umur.

Stress dapat bersifat fisik, biologis dan psikologis. Kuman-kuman penyakit yang menyerang tubuh manusia menimbulkan stress biologis yang menimbulkan berbagai reaksi pertahanan tubuh. Sedangkan stress psikologis dapat bersumber dari beberapa hal yang dapat menimbulkan gangguan rasa sejahtera dan keseimbangan hidup.

SUMBER STRESS

Sumber stress dapat digolongkan dalam bentuk-bentuk:

1. Krisis

Krisis adalah perubahan/peristiwa yang timbul mendadak dan menggoncangkan keseimbangan seseorang diluar jangkauan daya penyesuaian sehari-hari. Misalnya: krisis di bidang usaha, hubungan keluarga dan sebagainya.

2. Frutrasi

Frustrasi adaah kegagalan dalam usaha pemuasan kebutuhan-kebutuhan/dorongan naluri, sehingga timbul kekecewaan. Frutrasi timbul bila niat atau usaha seseorang terhalang oleh rintangan-rintangan (dari luar: kelaparan, kemarau, kematian, dan sebagainya dan dari dalam: lelah, cacat mental, rasa rendah diri dan sebagainya) yang menghambat kemajuan suatu cita-cita yang hendak dicapainya.

3. Konflik

Konflik adalah pertentangan antara 2 keinginan/dorongan yaitu antara kekuatan dorongan naluri dan kekuatan yang mengenalikan dorongan-dorongan naluri tersebut.

4. Tekanan

Stress dapat ditimbulkan tekanan yang berhubungan dengan tanggung jawab yang besar yang harus ditanggungnya. (Dari dalam diri sendiri: cita-cita, kepala keluarga, dan sebagainya dan dari luar: istri yang terlalu menuntut, orangtua yang menginginkan anaknya berprestasi).

AKIBAT STRESS

Akibat stress tergantung dari reaksi seseorang terhadap stress. Umumnya stress yang berlarut-larut menimbulkan perasaan cemas, takut, tertekan, kehilangan rasa aman, harga diri terancam, gelisah, keluar keringat dingin, jantung sering berdebar-debar, pusing, sulit atau suka makan dan sulit tidur). Kecemasan yang berat dan berlangsung lama akan menurunkan kemampuan dan efisiensi seseorang dalam menjalankan fungsi-fungsi hidupnya dan pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai macam gangguan jiwa.

REAKSI TERHADAP STRESS

Reaksi seseorang terhadap stress berbeda-beda tergantung dari:
1. Tingkat kedewasaan kepribadian
2. Pendidikan dan pengalaman hidup seseorang

Reaksi psikologis yang mungkin timbul dalam menghadapi stress:
1. menghadapi langsung dengan segala resikonya.
2. menarik diri dan tak tahu menahu tentang persoalan yang dihadapinya/lari dari kenyataan.
3. menggunakan mekanisme pertahanan diri.

PENANGGULANGAN STRESS

  • Mengenal dan menyadari sumber-sumber stress.
  • Membina kedewasaan kepribadian melalui pendidikan dan pengalaman hidup.
  • Mengembangan hidup sehat. Antara lain dengan cara: merasa cukup dengan apa yang dimilikinya, tidak tergesa-gesa ingin mencapai keinginannya, menyadari perbedaan antara keinginan dan kebutuhan, dan sebagainya.
  • Mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk segala sesuatu yang terjadi dengan tetap beriman kepadaNYa.
  • Minta bimbingan kepada sahabat dekat, orang-orang yang lebih dewasa, psikolog, orang yang dewasa rohaninya, dan sebagainya).
  • Hindarkan sikap-sikap negatif antara lain: memberontak terhadap keadaan, sikap apatis, marah-marah. Hal-hal tersebut tidak menyelesaikan masalah tetapi justru membuka masalah baru.

Selamat mencoba ……….

Tips Menjaga Kulit Tetap Segar di Ruang AC

Posted: 03 Feb 2012 02:46 AM PST

Tips Menjaga Kulit Tetap Segar di Ruang AC

Tips Menjaga Kulit Tetap Segar di Ruang AC

Bagi anda yang kesehariannya selalu berada di ruangan AC tidak perlu terlalu khawatir akan kondisi kulit anda, Anda tetap bisa memiliki dan mempertahankannya. Untuk menjaga kecantikan kulit anda agar tetap selalu dalam keadaan segar yaitu dengan cara :

- Siapkan telur, madu dan susu

- Ambil bagian putih telur lalu campurkan dengan 1 sendok makan madu dan 3 sendok makan susu murni

- Setelah bahan tercampur rata, lalu oleskan ke seluruh bagian muka sampai ke leher

- Diamkan sampai bahan mengering

- Setelah kering lalu bersihkan dengan air hangat

- Gunakan pelembab ( lotion ) pada setiap pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Sangat dianjurkan untuk melakukan terapi ini setidaknya 1 (satu) kali dalam seminggu agar kulit tetap terlihat cantik dan segar.

Sebab-sebab Kecemasan yang dialami Ibu Hamil

Posted: 02 Feb 2012 02:46 PM PST

Sebab-sebab Kecemasan yang dialami Ibu Hamil

Sebab-sebab Kecemasan yang dialami Ibu Hamil

1. Perubahan-perubahan fisik selama tiga trimester
Kehamilan dapat dibagi menjadi 3 trimester yaitu trimester 1, trimester 2, dan trimester 3,
pada tiap trimester tersebut wanita hamil akan mengalami perubahan-perubahan fisik. Perubahan
fisik tersebut dapat menimbulkan kecemasan. Kecemasan terhadap perubahan fisik pada
trimester 1 yaitu mual-mual, muntah-muntah, pusing, cepat lelah dan capek. Sedangkan
perubahan psikologisnya adalah wanita hamil mudah marah, mudah tersinggung, dan sebagainya
pada trimester 1 wanita hamil lebih cemas dan takut akan keguguran. Hal ini dikarenakan pada
fase ini perkembangan bayi belum terlihat jelas dan lemah.
Pada trimester ke-2 ibu hamil biasanya sudah bisa menyesuaikan diri dengan perubahanperubahan yang terjadi pada trimester 1. Ibu hamil pada trimester ke-2 mulai merasakan adanya
gerakan janin di dalam perutnya. Apabila wanita hamil tidak dapat merasakan gerakan-gerakan
bayi dalam kandungannya maka akan muncul kecemasana. Kecemasan ini berasal dari ketakutan
ibu hamil akan berkembangnya janin yang ada di dalam perutnya. Apakah bayi yang ada di
dalam kandungannya masih hidup atau mengalami suatu gangguan. Pada wajah ibu hamil juga
akan muncul bercak kecoklatan pada kulit hidung dan pipi. Wanita hamil yang selalu
memperhatikan kecantikan wajahnya akan merasa cemas dengan kecantikannya.
Pada trimester ke-3 kecemasan akan kembali muncul ketika akan mendekati proses
persalinan. Ibu hamul akan ditakuti oleh kesakitan yang luar biasa ketika akan melahirkan
bahkan resiko kematian. Hal ini disebabkan wanita hamil sering mendengarkan cerita-cerita,
baik dari tetangga mabupun ibu-ibu yang pernah melahirkan. Apakah ia bisa melakukan proses 2

mengejan dengan baik agar proses persalinan berlangsung dengan lancar. Jika wanita hamil
lemah, maka akan mempersulit proses melahirkan nanti.
2. Pengalaman emosional ibu hamil
Kecemasan dapat timbul ketika individu menghadapi pengalamana-pengalaman baru.
Wanita hail yang pertama kali hamil akan lebih merasa cemas dibandingkan dengan wanita
hamil yang sudah pernah melahirkan. Hal ini didasarkan bahwa "Cemas dapat timbul ketika
individu menghadapi pengalaman-pengalaman baru seperti masuk sekolah, memulai pekerjaa
baru, atau melahirkan bayi".(Stuart & Sundeen, 1993).
Wanita hamil akan belajar dari pengalaman-pengalaman emosionalnya selama menjalani
kehamilan. Apabila wanita hamil merasa terancam maka akan menimbulkan kecemasan.
Kecemasan sebagai suatu emosi yang muncul dari pengalaman subyektif individu. Tiap individu
mempunyai pengalaman-pengalaman yang berbeda sehingga antara individu yang satu dengan
individu yang lainnya tidak sama dalam menyikapi kecemasannya. Individu yang mengetahui
penyebab sumber kecemasannya akan lebih mudah untuk menghadapi kecemasan terutama pada
ibu hamil.
3. Situasi-situasi yang mengancam ibu hamil
Situasi yang mengancam ibu hamil meliputi ancaman fisik, ancaman terhadap harga diri,
dan tekanan untuk melakukan sesuatu di luar kemampuan. Individu yang merasa pada suatu
kondisi yang tidak jelas akan menimbulkan cemas. Contohnya; khawatir akan kehilangan orang
yang kita cintai, perasaan-perasaan bersalah dan berdosa yang bertentangan dengan hati nurani,
dan sebagainya. Situasi kecemasan tersebut biasanya dialami oleh wanita yang menjalani
kehamilan dan persalinan. Hal ini menandakan bahwa kebutuhan akan rasa aman sangat 3

diperlukan ketika rasa gelisah dan rasa takut muncul pada ibu hamil. Ibu hamil akan sangat cepat
mengenali diri dan bayinya jika ia berada dalam situasi-situasi seperti keguguran atau cemas
terhadap dirinya yang mengidap penyakit berbahaya bagi calon bayi.

Renang Ternyata Dapat Memicu Osteoporosis

Posted: 02 Feb 2012 02:45 AM PST

Renang Ternyata Dapat Memicu Osteoporosis

Renang Ternyata Dapat Memicu Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu penyakit dimana penderitanya banyak kehilangan massa tulang sehingga tulang menjadi lebih rapuh dan mudah mengalami fraktura, terutama di bagian-bagian tertentu seperti pinggang, tulang punggung, dan bahkan bahu. Gejala osteoporosis tidak disertai oleh rasa sakit sama sekali sehingga banyak orang tidak menyadari terjadinya osteoporosis di dalam tubuh mereka. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa ada 24 juta orang Amerika yang telah menderita osteoporosis dimana 80%-nya adalah perempuan dan diperkirakan ada 10 juta orang lagi di dunia yang tengah mengalami osteoporosis. Itu berarti 1 dari 4 wanita dan 1 dari 8 pria berusia di atas 50 tahun telah mengidap osteoporosis. Lebih jauh lagi, ada 1 dari 4 pasien osteoporosis yang meninggal dunia setelah mengalami keretakan atau patah tulang.

Tanda-tanda awal berkurangnya massa tulang adalah mudah retak, terutama pada bagian pinggul, lengan, dan juga ruas tulang belakang. Meskipun osteoporosis biasanya disebabkan oleh obat-obatan (misalnya steroid) atau penyakit tertentu, sebagian besar kasus osteoporosis biasanya disebabkan oleh bertambahnya usia (senile osteoporosis) dan penurunan drastis hormon estrogen (postmenopausal osteoporosis) pada wanita berumur sekitar 50 tahun.

Sebenarnya, tulang kita secara alami melakukan pembaharuan sel-sel tulang secara terus menerus. Di luar angkasa, tubuh astronot biasanya merespon kurangnya tekanan gravitasi dengan mengurangi masa tulang mereka. Semakin besar tekanan yang diberikan pada tulang dalam kurun waktu tertentu, semakin besar pula respon tubuh untuk menambah kepadatan tulang.

Berenang, meskipun terkenal sangat baik untuk senam kardiovaskular, keflexibelan tubuh, serta melatih kekuatan, rupanya memilikki pengaruh buruk bagi tulang. Sebuah studi yang membandingkan perenang dengan atlet olahraga lain menunjukkan bahwa kepadatan tulang seorang perenang sangatlah buruk. Peningkatan massa otot dan tarikan kuat di seluruh tubuh rupanya tidak mampu menstimulasi peningkatan kepadatan tulang. Hal ini disebabkan karena saat kita berenang, tubuh kita terbebas dari tekanan gravitasi bumi dan sama sekali tidak terbebani oleh berat yang mampu merangsang kepadatan tulang.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang perenang?

Bagi Anda yang suka berenang, Anda tidak perlu khawatir dan menghentikan aktivitas berenang Anda karena ada beberapa cara unuk mencegah osteopororsis pada perenang. Sebagai langkah awal, seorang perenang sebaiknya melakukan sedikit latihan angkat beban di air karena tekanan beban dapat menstimulasi peningkatan kepadatan tulang. Kita bisa melihat beberapa contoh olahraga lain yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang seperti basket, angkat barbel, dan voli, sementara olahraga seperti lari dan lompat tali biasanya tidak begitu membantu hal tersebut.

Apakah harus diet juga?

Selain makanan-makanan sehat seperti buah dan sayur, ada baiknya seorang perenang (terutama yang dewasa) juga mengonsumsi kalsium lebih banyak dari biasanya. Jenis-jenis kalsium yang mudah diserap antara lain adalah berupa kalsium sitrat, glukonat, dan laktat. Sebagian besar orang normalnya mendapat asupan kalsium sebanyak 800-1000 mg per hari, namun wanita pada masa menopause biasanya memerlukan sekitar 1500 mg per hari. Selain itu, mengonsumsi susu kedelai juga dapat membantu menstimulasi pembaharuan jaringan-jaringan tulang.

 

Madu untuk kecantikan

Posted: 01 Feb 2012 02:45 PM PST

Madu untuk kecantikan

Madu untuk kecantikan

Mungkin kita tahu bahwa madu memiliki banyak fungsi untuk kesehatan dan kecantikan, Selama ini banyak orang mengenal madu sebatas sebagai jenis makanan. Dan tentu ada sejumlah produk kecantikan yang dapat dibeli di toko-toko yang berbahan dasar madu, bagi Anda yang tak mau ribet. Tapi jika Anda lebih senang mengambil manfaat madu alami untuk memoles kecantikan Anda, simak tips yang kami suguhkan ini.

1. Masker Madu: Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mongering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

2. Mandi Untuk Kulit Berkilau: Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah!!!

3.Mandi Madu: Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda.

4.Scrub Madu: Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

5. Pembersih Wajah Setiap Hari: Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

6. Rambut Berkilau: Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

7. Conditioner Rambut: Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

8. Toner Kulit: Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

Jika Anda mau sedikit repot, dengan tips yang kami berikan di atas Anda dapat menciptakan produk-produk bak spa di rumah. Madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan dimana didalamnya terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral. Tapi, sebelum Anda melakukan eksperimen, sebaiknya pastikan produk madu yang Anda beli 100% murni. Dan bagi Anda yang alergi pada madu, sebaiknya jangan mencoba resep ini.

Tips dan Trik Agar Bisa Bangun Pagi yang Sehat

Posted: 01 Feb 2012 02:45 AM PST

Tips dan Trik Agar Bisa Bangun Pagi yang Sehat

Tips dan Trik Agar Bisa Bangun Pagi yang Sehat

Sebenarnya setiap orang pasti bisa bangun pagi. Karena, kita semua pernah sekolah dan harus sudah berada di sekolah pukul 07.00. Aktivitas ketika dewasalah yang membuat kita terbiasa dengan jadwal yang kita atur sendiri. Sebagian orang, karena pekerjaannya, juga membuatnya harus terjaga hingga malam dan baru tidur dini hari.

Karena itu, ketika Anda harus mengubah kebiasaan itu menjadi bangun pagi setiap hari, jelas Anda merasa tersiksa. Namun, selalu ada cara untuk mengatasi hal-hal seperti ini.
1. Peregangan
Lakukan peregangan secara perlahan, seperti melakukan gerakan yoga atau memutar tubuh ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini akan membantu tubuh mengumpulkan energi, dan membuat pikiran Anda fokus. Rasa melayang di kepala yang kerap terjadi akibat bangun terlalu pagi pun lenyap.
2. Bergerak
Begitu Anda mampu bangkit dari tempat tidur, lakukan beberapa gerakan untuk melancarkan peredaran darah. Melakukan crunch (berbaring dengan lutut tertekuk lalu mengangkat kepala, leher, dan pundak), push-up, atau melompat-lompat ringan, juga cukup membantu.
3. Hindari terlalu banyak kafein
Kafein memang bisa membuat Anda melek sepanjang hari, namun mengonsumsinya secara berlebihan (lebih dari dua cangkir pada pagi hari) bisa membuat Anda lemas pada tengah hari. Satu cangkir saja sudah cukup membuat kadar energi Anda stabil.
4. Minum
Ketika tidur, tubuh Anda menggunakan simpanan air dan karenanya akan kehilangan cairan saat Anda bangun. Rehidrasi tubuh Anda dengan beberapa gelas air dingin tak hanya akan menyegarkan tubuh, tetapi juga membantu menstimulasi sistem saraf dan pencernaan Anda. Minumlah air putih sebelum tubuh Anda terisi apa pun.
5. Buat jadwal teratur
Tubuh kita menyukai konsistensi. Mengikuti jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari akan membuat tubuh lebih mudah terbangun pada pagi hari. Anda pun akan merasa lebih bertenaga sepanjang hari.
6. Pilih alarm dengan musik lembut
Siapa pun tak akan suka terbangun karena suara weker yang memekakkan telinga. Anda juga bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung, karena suara yang mengagetkan bisa memperburuk kondisi orang dengan masalah jantung. Pilih ringtone pada ponsel yang memperdengarkan musik yang lembut, yang membangunkan Anda secara perlahan. Bila perlu, letakkan ponsel sedikit lebih jauh sehingga Anda harus bangkit untuk menonaktifkannya.
7. Redupkan cahaya
Matikan komputer atau TV satu jam sebelum Anda tidur. Cahaya terang bisa mengalihkan perhatian Anda, sehingga otak lebih sulit beristirahat. Dengan membangun suasana tidur yang lebih tenang, Anda bisa tidur lebih lelap, dan tubuh menyesuaikan diri untuk bangun lebih awal.
8. Segera mandi
Tahukah Anda, hal paling sulit dilakukan saat bangun pagi adalah mandi? Namun di situlah kuncinya. Segeralah mandi dengan air dingin untuk membangunkan sistem saraf Anda, dan membantu menyadarkan Anda. Usai mandi, tak ada lagi rasa malas karena pikiran dan tubuh Anda sudah "bangun".
9. Sarapan
Setelah "berpuasa" sepanjang malam, tubuh perlu energi untuk bergerak. Sarapan setiap pagi (meskipun hanya setangkup roti dengan selai atau buah-buahan) akan membuat Anda merasa lebih siap menghadapi aktivitas lebih awal.
10. Bernafas dalam-dalam
Bagi sebagian orang, bangun pagi bisa menjadi momen paling mencemaskan. Bayangan mengenai apa yang harus dihadapi di kantor, atau bagaimana mengatasi problem dengan pasangan, akan segera memenuhi pikiran. Maka segera setelah Anda bangun, ambil waktu untuk bernafas dalam-dalam untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Awali hari dengan tenang, agar segala aktivitas berjalan sesuai dengan moodbaik Anda.

0 komentar:

Posting Komentar