Kamis, 09 Februari 2012

Tips Kecantikan

Tips Kecantikan


Mengenal Asam Urat

Posted: 09 Feb 2012 02:45 AM PST

Mengenal Asam Urat

Mengenal Asam Urat

Mengenal Asam Urat, Asam Urat sering dialami oleh banyak orang sekarang ini. Bahkan, orang yang masih tergolong muda juga sering ditimpa penyakit ini. Sebenarnya, seperti apa penyakit ini? Apa saja gejala, penyebab, dan solusinya? Serta makanan apa yang menjadi pantangan? Berikut kita akan membahasnya.

Yang dimaksud dengan asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yg kita konsumsi, ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin.

Kesimpulan singkat tentang asam urat

  • Gejala Asam Urat
  1. Kesemutan dan linu
  2. Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
  3. Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.
  • Solusi Mengatasi Asam Urat
  1. Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
  2. Kontrol makanan yang dikonsumsi.
  3. Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
  • Makanan yang Dihindari (mengandung banyak purin)
  1. Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
  2. Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
  3. Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
  4. Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  5. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  6. Sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis.
  7. Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas, air kelapa.
  8. Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, tuak.

Ciri-ciri anda sakit migren

Posted: 08 Feb 2012 02:46 PM PST

Ciri-ciri anda sakit migren

Ciri-ciri anda sakit migren

Migren salah satu jenis sakit kepala yang banyak dikeluhkan. Serangan migren terasa menyiksa karena gejala yang dialami bukan sekedar sakit kepala biasa. Sampai saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab migren.

Serangan migren unik dan bisa saja berbeda pada setiap individu. Ada beberapa tanda atau gejala yang biasanya terjadi beberapa hari sebelum migren menyerang. Menurut Robert Cowan, MD, spesialis saraf dari Stanford University School of Medicine, kunci untuk mengetahui penyebab timbulnya migren adalah memperhatikan lingkungan sekitar dan memahami apa yang dapat memicu sakit kepala.

Berikut ini adalah beberapa tanda umum serangan migren yang patut Anda waspadai :

1. Menguap
Satu atau dua hari sebelum serangan migren, Anda mungkin akan lebih sering menguap dari biasanya. Bagi kebanyakan, kondisi ini seringkali mengganggu, tetapi hal ini dapat menjadi sinyal atau peringatan kepada anda untuk mengawali upaya pengobatan migrain. Tanda-tanda peringatan dini lain yang umumnya terjadi bersamaan dengan menguap adalah retensi cairan, ketagihan makanan, kelelahan, haus, dan perubahan kepribadian, kata Dr Cowan.

2. Aura
Aura adalah semacam efek yang menyebabkan gangguan penglihatan. Penderita migern biasanya mengalami gangguan pandangan berupa titik hitam, garis, berkunang-kunang, dan kilatan cahaya. Gangguan pengelihatan (pandangan kabur) harus diwaspadai sebagai tanda bakal munculnya serangan migren.

Pada perempuan premenopause, aura bahkan harus lebih diwaspadai. Pasalnya, mengalami aura sebelum migren dapat meningkatkan risiko terkena stroke. "Kami menyarankan perempuan untuk tidak merokok atau meminum pil KB atau melakukan apapun yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung," kata Cowan.

3. Mual
Beberapa tanda dan gejala pada penderita migren umumnya bervariasi. Mual adalah komponen kunci dari pencetus migren. "Jika Anda mengalami sakit kepala tanpa rasa mual, Anda tidak memiliki migrain," kata Cowan. Selain mual, gangguan pencernaan lain seperti muntah dan diare patut diwaspadai.

4. Nyeri pada satu sisi kepala
Sakit kepala karena tegang atau sakit kepala jenis lain cenderung menyebabkan sakit kepala menyeluruh, atau setidaknya merata pada kedua sisi. Nyeri pada satu sisi kepala yang disertai mual merupakan salah satu pertanda Anda terkena migren dan bukan jenis sakit kepala lainnya.

Sakit migren umumnya semakin parah bila ditambah aktivitas fisik. Penderita migren juga dapat mengalami rasa sakit seperti berdenyut, merasa dipukuli, ditarik-tarik, lemas, sehingga sulit untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari.

5. Sensitif terhadap cahaya
Orang yang memiliki migren sering mengeluh sakit kepala yang disertai dengan sensitivitas akut terhadap kebisingan atau cahaya. Bagi sebagian orang, cahaya, suara, dan bau tertentu juga dapat memicu migren. Cowan menjelaskan bahwa orang yang mengalami migren cenderung memiliki batang otak yang terlalu aktif.

6. Perubahan sensasi
Perubahan sensasi seperti merasa kesemutan pada tangan atau kaki, atau mati rasa pada lengan, kaki, atau bagian dari wajah Anda, semuanya berkaitan dengan migren. Kondisi ini umumnya berlangsung selama serangan migren terjadi. Jenis sensasi fisik tersebut cukup mengkhawatirkan dan dapat meningkatkan kecemasan serta stres akibat migrain.

7. Penglihatan kabur
Sensasi visual yang kabur atau silau dapat terjadi pada salah satu tahap aura migren atau pada saat nyeri migren itu sendiri. Sebagian kecil penderita migren mengalami gejala aura, seperti pandangan kabur dan perubahan neurologis lainnya, tetapi tidak disertai sakit kepala. Perubahan-perubahan dalam penglihatan disebabkan karena ada perubahan aliran darah di otak Anda.

Sumber : everydayhealth, kompas.com

BlackBerry Bikin Keriput Dini Cepat Tua

Posted: 08 Feb 2012 09:17 AM PST

BlackBerry Bikin Keriput Dini Cepat Tua, Memiliki telepon selular cerdas semacam Blackberry memang menyenangkan bagi sebagian orang. Dengan Blackberry, aktivitas berkirim email, chatting, hingga berselancar di internet bisa dilakukan bersamaan, kapan saja, dan di mana saja.

Tetapi pikirkan baik-baik sebelum menggunakan teknologi ini. Dokter kosmetik menyatakan, pemakai ponsel pintar akan lebih cepat tua yang ditandai dengan keriput dini.

Keriput sebagai tanda ketuaan umum dialami seseorang pada usia pertengahan 30. Namun, wanita yang lebih muda pun kini memiliki keriput lebih cepat akibat terlalu sering menggunakan ponsel pintar.

Dr Jean-Louis Sebagh mengatakan, menatap layar ponsel yang memiliki area sempit membuat wajah mengerut di antara alis. Fenomena ini banyak ditemui pada orang yang sedang menggunakan BlackBerry, iPhone, atau ponsel pintar lainnya.

Untuk mengatasinya, diperlukan suntikan botoks ‘BlackBerry’. “Caranya menyuntikkan botoks ringan di daerah antara alis,” katanya seperti ditulis Daily Mail.

Fenomena ‘botoks BlackBerry’ juga terlihat dengan antrean panjang di terapis kecantikan Nichola Joss. “Selama 18 bulan, sebagian besar para pasien mengaku mengalami lebih banyak kerutan akibat melihat layar mini.”

Untuk mengatasinya, menurut Joss, pijatan pada area wajah akan menghilangkan ketegangan dan mengurangi kerutan di wajah.

Selain wajah, gangguan yang diderita para pengguna ponsel adalah ‘thumb BlackBerry’. Ini sebuah bentuk cedera regangan tangan secara berulangkali akibat mengetik menggunakan jari secara berlebihan. Selain itu, adapula ‘computer vision syndrome’, yaitu, mata kering akibat menatap layar komputer dalam waktu lama.

Pencarian Terbaru:

akibat terlalu lama menggunakan iphone (1)

Manfaat Minyak Jojoba Untuk Ibu Hamil

Posted: 08 Feb 2012 09:12 AM PST

Manfaat Minyak Jojoba Untuk Ibu Hamil, Kehamilan membawa banyak perubahan pada kondisi tubuh seorang wanita. Nyeri, iritasi, kenaikan berat badan, stretch mark, dan jerawat tak terduga adalah masalah yang biasa timbul. Gunakan minyak jojoba untuk mengatasinya.

Minyak jojoba merupakan produk alami yang banyak digunakan sebagai pengobatan alternatif berbagai masalah pada ibu hamil. Namun demikian, jika ingin menggunakannya pada kulit, ada baiknya melakukan konsultasi dengan dokter.

Seperti dikutip dari Modern Mom, minyak jojoba berasal dari kacang semak jojoba. Merupakan tanaman asli daerah barat daya Amerika Serikat dan Meksiko Utara. Dulu, suku setempat menggunakan jojoba sebagai conditioner rambut dan kulit, serta luka.

Kini, produsen kosmetik modern menggunakan minyak jojoba sebagai pembersih, pelembab dan pelunakan agen di berbagai produk perawatan pribadi, termasuk shampoo, conditioner, lotion, sabun mandi, dan make up.

Untuk wanita hamil, minyak jojoba juga bisa membantu mencegah dan menyamarkan stretch marks. Para naturopaths dan pendukung pengobatan alternatif biasanya merekomendasikannya untuk minyak pijat selama kehamilan.

Namun, meski minyak jojoba telah digunakan selama ratusan tahun untuk melembutkan kulit, tidak ada bukti ilmiah langsung yang menunjukkan minyak ini efektif mencegah atau mengobati stretch mark.

Menggunakan Minyak jojoba untuk mengatasi jerawat selama masa kehamilan juga dinilai efektif. Jerawat sering menjadi masalah selama kehamilan, kemungkinan besar karena perubahan kadar hormon yang memicu kelebihan sebum atau minyak.

Praktisi pengobatan alternatif sering merekomendasikan menggunakan minyak jojoba untuk mengobati jerawat. Penelitian Ben Gurion University Medical Center melakukan penelitian yang hasilnya menunjukkan bahwa minyak jojoba dapat membantu mengontrol jerawat. Namun, ini masih perlu penelitian lanjutan.

Manfaat Daun Sirih Merah

Posted: 08 Feb 2012 09:09 AM PST

Daun sirih merah sama halnya dengan hijau juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. Manfaat tanaman ini dari Ivorra, M.D dalam buku "A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic," memiliki senyawa aktif alkaloid teh sirih dan flavonoid teh merah yang dapat menurunkan kadar glukosa darah.

Bahkan khasiat dari daun sirih merah ini sudah benar-benar dimanfaatkan oleh Masyarakat Sleman secara turun temurun. Selain kencing manis, masyarakat disana menggunakan sirih merah sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit seperti kanker, asam urat, hepatitis, kelelahan dan maag, peradangan, hipertensi (darah tinggi), dan ambien.

Dua peneliti dari IPB yaitu mbak Mega Safithri dan Farah Fahma telah meneliti toksisitas ekstrak air daun sirih merah dan kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa darah pada binatang bernama tikus. Sebanyak 200 gram daun sirih merah direbus bersama 1 liter air sampai volumenya tinggal 100 mililiter. Perbandingan berat daun sirih merah dengan volume ekstrak rebusan yang diminum adalah 200 gram : 100 mililiter atau 2 : 1. Yang mana daun sirih merah sangat aman untuk dikonsumsi.

Manfaat dalam daun sirih merah memang belum begitu banyak, semoga semakin banyak penelitian yang dapat mengungkan khasia tersembunyi yang ada pada tanaman ini. Bukankan setiap ciptaan Tuhan selallu memiliki manfaat untuk manusia.

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan

Posted: 08 Feb 2012 09:03 AM PST

Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan, Jangan sia-siakan air kelapa, apalagi air kelapa muda atau degan. Air kelapa jika diminum memberikan manfaat untuk kesehatan sebagai berikut:

1. Air kelapa ternyata lebih bernutrisi dibanding susu penuh (whole milk) karena tidak mengandung kolesterol dan rendah lemak.2. Air kelapa dapat memperbaiki sirkulasi darah dan dikenal mampu membersihkan saluran pencernaan.

3. Air kelapa tidak hanya akan membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik, tetapi juga membantu tubuh melawan beberapa jenis virus penyebab penyakit.

4. Jika Anda mengidap penyakit batu ginjal, biasakanlah meminum air kelapa secara rutin. Kebiasaan meminum air kelapa akan mambantu memecah batu ginjal dan memudahkan mereka keluar dari tubuh.

5. Air kelapa juga dikenal sejak dahulu dapat menyembuhkan gangguan saluran kencing. Segelas air kelapa akan meredakan rasa sakit akibat susah kencing.

6. Manfaat Air Kelapa Jika Anda masih merasa pusing karena mabuk, tak ada yang bisa memulihkannya dengan cepat selain mengonsumsi air kelapa.

7. Air kelapa yang rasanya lembut sangat kaya akan elektrolit dan potassium . Potassium dapat membantu tubuh mengatur tekanan darah dan fungsi organ jantung.

8. Air kelapa dapat mempercepat naiknya trombosite bagi penderita DBD dan menurunkan demam (trombosit turun karena dipakai untuk mencegah pendarahan,karena demam tinggi mengakibatkan pengentalan darah,dan pori-pori pembuluh darah membesar).

9. Air kelapa berkhasiat sebagai diuretik, yaitu untuk memperlancar pengeluaran air seni. Air kelapa muda dicampur dengan sedikit sari jeruk sitrun bermanfaat untuk mengatasi dehidrasi, juga untuk memerangi gangguan cacing dalam perut anak-anak kecil.

10. Jika air kelapa muda yang dicampur dengan susu amat baik untuk makanan anak. Campuran air kelapa muda tersebut mempunyai khasiat untuk mencegah penggumpalan susu dalam perut, muntah, sembelit, dan sakit pencernaan.

11. Air kelapa juga mempunyai bermacam-macam khasiat sebagai obat. Di antaranya, minum air kelapa muda juga dapat membantu mengatasi pengaruh racun obat sulfa dan antibiotika lain, sehingga menjadikan obat-obat itu lebih cepat diserap darah.

12. Mencuci muka dengan air kelapa secara kontinu tiap hari dapat menyembuhkan atau melenyapkan jerawat, noda-noda hitam, kerutan pada wajah yang datang lebih dini, kulit mengering, dan wajah menjadi tampak berseri.

13. Campurlah air kelapa dengan sedikit madu. Ramuan ini merupakan tonikum yang murah tetapi berkhasiat. Ramuan ini merangsang pusat-pusat seksual tubuh dan meniadakan akibat buruk gairah seksual berlebih.

14. Jerawat membandel dapat diobati dengan campuran 25 gram pasta kunyit dengan segelas air kelapa, lalu dibiarkan selama semalam suntuk, kemudian tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah. Aduk-aduklah semua bahan tersebut sampai rata, kemudian disimpan lagi tanpa terganggu selama 3 hari. Saringlah ramuan tadi dengan tiga lapis kain kasa. Simpan sari tadi dalam botol, dan oleskan pada muka dua kali sehari hingga jerawat lenyap.

15. Air kelapa juga berkhasiat sebagai obat luka, telapak kaki pecah-pecah, dan eksim. Membuat ramuannya relatif mudah. Rendamlah segenggam beras dalam air kelapa muda bersama tempurungnya sampai beras terasa asam karena peragian, kemudian beras digiling menjadi bubuk halus. Tepung beras tersebut digunakan dengan dioleskan setiap hari selama 3-4 hari pada bagian tubuh yang sakit.

16. Jika air kelapa muda dicampur dengan sejumput bubuk kunyit dan air kapur sirih dalam ukuran sama merupakan obat luka bakar dan menghilangkan rasa panas pada telapak kaki dan tangan.

Nah, demikian itu adalah beberapa Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat.

Buah-buah Pencegah Jerawat

Posted: 08 Feb 2012 08:59 AM PST

Buah-buah Pencegah Jerawat, Sampai saat ini, konon belum ada obat jerawat yang bisa menyembuhkan secara tuntas. Namun banyak upaya yang dapat dilakukan untuk membantu menyembuhkan atau setidaknya mengurangi tumbuhnya jerawat. Salah satunya dengan menggunakan tanaman obat yaitu tomat, belimbing wuluh, mentimun, jeruk nipis, dan temulawak yang dipercaya bisa membasmi jerawat yang membandel.

Tomat (Lycopercisum esculentum Mill)

Tomat mengandung aneka vitamin, diantaranya vitamin C, viamin A dan B1 serta mengandung zat-zat seperti protein, kalsium, besi, dan belerang. Untuk mengusir jerawat, pilih tomat yang sudah masak, kemudian potong-potong sama rata, setelah itu langsung dipakai untuk menggosok wajah berjerawat. Jika tekun membiasakan diri memakai buah tomat seperti diatas, wajah Anda akan kembali berseri-seri, bebas dari jerawat.

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi L)

Belimbing wuluh yang daging buahnya banyak mengandung air yang berasa asam. Warna buahnya ada yang hijau, ada pula yang putih. Belimbing wuluh mengandung kalsium oksalat, flavonoid, pectin, tanin, asam galat dan asam ferulat.

Untuk menyingkirkan jerawat, ambil 5 buah belimbing wuluh, cuci bersih kemudian tumbuk sampai halus. Setelah itu remas-remas dengan air garam secukupnya. Gosokkan pada wajah atau bagian tubuh lain yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari. Bisa juga dengan ramuan tradisional sebagai berikut:

Sediakan 6 buah belimbing wuluh, 2 sendok teh serbuk belerang, dan satu buah jeruk nipis. Caranya, belimbing wuluh dan serbuk belerang digiling sampai halus, kemudian remas-remas dengan air jeruk nipis. Lalu gosokkan pelan-pelan pada wajah yang berjerawat. Lakukan 3 kali sehari. Wajah anda akan kembali kinclong.

Mentimun (Cucumis sativus) juga dapat digunakan untuk melawan jerawat yang nakal, disamping mengandung banyak air, juga mengandung vitamin A, B1 dan C serta beberapa zat seperti saponin, protein, lemak, kalsium, fosfor, besi dan belerang. Berkaitan dengan jerawat, pilih mentimun yang masih muda. Cuci bersih, lalu potong-potong, kemudian perlahan-lahan gosokkan pada wajah yang berjerawat. Biasakan minimal tiga kali sehari.

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia Swingle)

Buah jeruk nipis mengandung unsur senyawa kimia antara lain limonene, linalin asetat, geranil asetat, felladren, sitral, dan asam sitrat. Untuk menghalangi jerawat, pilih buah jeruk nipis yang sudah tua lalu potong-potong sama rata. Gosokkan pada wajah yang berjerawat, sekitar 2-3 kali sehari. Atau dengan ramuan tradisional yaitu Sediakan 20 kuntum bunga melati, 2 jari asam jawa (jawa: asam kawak), 1 buah jeruk nipis. Caranya, bunga melati, asam jawa dan belerang dicuci bersih lalu ditumbuk halus. Remas-remas dengan air jeruk nipis. Kemudian gosok perlahan-lahan pada wajah yang berjerawat.

Temulawak (Curcuma xanthorhiza Roxb)

Temulawak memang terkenal sebagai bahan jamu dan juga bisa digunakan untuk membasmi jerawat karena didalamnya terdapat komponen utama kandungan zat yaitu kurkumin dan minyak atsiri. Kurkumin bermanfaat sebagai acnevulgaris, antiflamasi (antiradang), dan anti-hepatoksik.

0 komentar:

Posting Komentar