Kamis, 26 Januari 2012

Tips Kecantikan

Tips Kecantikan


Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Posted: 26 Jan 2012 02:45 AM PST

Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Meningkatkan Kualitas Tidur Bayi

Jika Anda seringkali terbangun di malam hari karena bayi kurang nyenyak tidur, maka perlu dilakukan beberapa langkah untuk meningkatkan kualitas tidur bayi, diantaranya adalah:

1. Berikan tempat tidur atau ruang tidur yang nyaman
Tempat tidur yang bersih, nyaman, tidak terlalu panas ataupun dingin serta tidak terlalu bising akan memberikan ketenangan pada bayi. Bayi akan mudah tertidur ketika waktu tidur bayi tiba.

2. Penuhi kebutuhan bayi sebelum tidur
Berikan makanan atau minuman bayi Anda, jangan biarkan bayi merasa lapar ketika menuju ke tempat tidur. Kenakan baju yang nyaman, baju yang enak dikenakan akan membantu bayi lebih rileks dan tidak mudah terbangun dari tidurnya. Cara menidurkan bayi juga penting memperhatikan kebersihan tubuh bayi, selain itu periksa bayi apakah telah buang air kecil atau buang air besar sebelum tidur, tukar dan bersihkan popok agar bayi merasa cukup nyaman beranjak ke tempat tidur.

3. Stel musik untuk pengiring tidur
Musik merupakan media yang sangat baik mengantarkan bayi tidur. Musik klasik atau lembut selain memberikan stimulasi pada jaringan otak juga memberikan efek yang menenangkan pada bayi. Membuat bayi rileks akan membantu meningkatkan kualitas tidur bayi. Bayi yang rileks dalam tidur akan tertidur dengan nyenyak dan tidak mudah terkejut ketika bangun.

4. Biasakan tidur dengan teratur
Sebagai orang tua, Anda harus memberikan contoh yang baik pada anak. Biasakan tidur tidak terlalu malam dan pada jam yang tetap. Sekitar jam delapan atau jam sembilan malam, merupakan saat yang tepat untuk memulai waktu tidur bayi. Jangan biasakan bayi begadang atau tidur larut malam, hal ini akan menyebabkan bayi mudah lelah dan gampang emosi.

5. Beri ciuman
Mungkin terkesan sepele dalam cara menidurkan bayi. Memberikan ciuman sebelum tidur pada bayi akan memberikan rasa nyaman dan kasih sayang. Bayi yang merasa nyaman akan mudah untuk terlelap.

Tanda-Tanda Kehamilan

Posted: 25 Jan 2012 02:45 PM PST

Tanda-Tanda Kehamilan

Tanda-Tanda Kehamilan

Beberapa wanita seringkali tidak sadar kalau dirinya tengah hamil, karena biasanya tanda hamil belum terlalu terlihat pada minggu-minggu awal kehamilan, baru setelah haid terlambat selama kurang lebih dua minggu, baru tanda hamil itu bisa dirasakan.

Yang utama sudah pasti tentu adalah haid yang tidak datang. Sel telur telah dibuahi dan tidak akan keluar dari rahim dalam bentuk darah seperti biasanya wanita yang tidak hamil. Setelah itu, baru gejala kehamilan lainnya akan datang secara bersama-sama.Beberapa tanda hamil yang bisa dijadikan patokan kehamilan yaitu kelelahan yang seringkali mendera.

Jika biasanya seorang wanita sangat aktif bergerak dan tiba-tiba merasakan kelelahan, bisa jadi dia sedang hamil. Hal ini semakin diperkuat dengan tanda yang lain berupa payudara yang menegang. Dua minggu setelah pembuahan, gejala kehamilan akan nampak pada payudara. Daerah aerola atau daerah kemerahan sekitar puting akan mulai membesar dan perubahannya tertangkap oleh mata.

Masalah perut juga mulai datang pada ibu hamil. Mulai dari mual hingga perut kembung. Mual disini sudah tentu berbeda dengan mual biasa yang dihadapi pada pagi hari, saat mabuk laut ataupun mabuk kendaraan. Mual disini disertai dengan keinginan yang tidak bisa ditangguhkan untuk memakan satu jenis makanan. Makanan yang umum adalah rujak atau buah-buah lain yang mempunyai rasa asam untuk menetralisir rasa mual ini. Nah, inilah yang disebut ngidam, dimana seorang wanita menginginkan makanan tertentu dalam waktu singkat.

Hamil juga mempengaruhi proses yang terjadi dalam tubuh. Seorang wanita yang hamil akan mengalami peningkatan frekuensi kencing. Gejala ini terjadi pada awal kehamilan dan akan terulang pada akhir-akhir kehamilan yaitu pada trimester terakhir. Proses reproduksi juga terpengaruh, dimana akan ada noda-noda bercampur kekuningan yang keluar dari rahim dan menempel di celana dalam.

Hal ini merupakan hasil dari perkembangan janin atau sel telur dalam dinding rahim. Semua gejala tersebut baru akan menjadi tanda hamil kalau diawali dengan terlambat haid. Jika tidak, maka semuanya hanyalah akibat dari proses metabolism biasa semata, bukan gejala kehamilan.

 

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Posted: 25 Jan 2012 02:45 AM PST

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

Cara Menurunkan Berat Badan, Tubuh yang ideal merupakan keinginan semua orang. Terlebih lagi bagi orang-orang yang mengalami kegemukan. Bagi mereka, rasanya minder dengan tubuh mereka sendiri. Nah untuk menghindari hal tersebut, berikut ini ada beberapa tips tentang cara diet yang baik.

Cara Menurunkan berat badan dengan cepat. Dengan sedikit mengubah rutinitas anda, anda bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa tips untuk membantu anda untuk menurunkan berat badan:

Cara Mudah Menurunkan Berat Badan

1. Atur waktu makan. Pastikan Anda mengikuti jadwal makan yang tepat. Tubuh Anda cenderung mendambakan makanan pada malam hari karena lapar dan bukan karena suatu kebiasaan. Setelah Anda mengikuti jadwal yang tepat, tubuh akan mempertahankan stabilitas kadar gula darah dan menjaga tubuh dengan energi yang cukup.

2. Jangan lupa makan. Tubuh Anda mengidam makanan pada malam hari karena tidak menerima makanan yang cukup pada siang hari. Ini berarti bahwa terlalu sedikit makan pada siang hari atau tidak makan cukup kalori, maka sulit untuk menopang tubuh Anda sepanjang malam. Pastikan Anda tidak melewatkan makan apa pun. Berikan tubuh Anda cukup kalori yang diperlukan untuk mempertahankan kadar gula.

3. Makan ringan. Makan malam dengan menu yang "berat" akan membebani dan memperlambat pencernaan dan menghambat tidur Anda. Dianjurkan untuk makan dengan porsi yang kecil sepanjang hari. Dengan cara ini, tubuh Anda akan mendapatkan kalori yang dibutuhkan dan menghindari rasa lapar. Menyantap lima porsi kecil sepanjang hari secara berkala dapat mencegah rasa lapar pada tengah malam.

4. Pilih camilan sehat. Jangan menyantap makanan ringan yang tinggi lemak, tetapi pilih makanan yang tinggi protein. Hindari makanan penutup yang tinggi gula setelah makan malam. Makanan tinggi gula membuat lonjakan kadar gula Anda sehingga akhirnya membuat Anda kembali merasa lapar. Pilih makanan seperti buah-buahan segar, buah-buahan kering, segelas susu, dan yogurt rendah lemak.

5. Minum yang cukup. Jika Anda menghadapi rasa lapar, cara terbaik adalah minum segelas air. Tidak hanya membantu Anda rileks, tetapi juga akan membantu Anda merasa kenyang.

6. Jangan tenggak stimulan. Hindari minum stimulan, seperti kopi atau teh, setelah makan malam karena mereka akan menghambat tidur Anda. Jika Anda bangun di tengah malam, perut Anda terasa lapar dan membutuhkan sedikit makanan.

7. Ambil kesibukan. Jika Anda masih sulit tidur, membaca buku atau mendengarkan musik lembut membuai Anda kembali tidur. Banyak kasus ngemil di tengah malam terjadi pada orang-orang yang menderita insomnia. Pastikan Anda telah menetapkan rutinitas tidur yang tepat dan cukup tidur pada malam hari. Orang yang mempunyai waktu beristirahat cukup cenderung makan lebih sedikit.

0 komentar:

Posting Komentar