Senin, 02 Januari 2012

Tips Kecantikan

Tips Kecantikan


Menghilangkan Tanda Penuaan

Posted: 02 Jan 2012 02:45 AM PST

Menghilangkan Tanda Penuaan

Menghilangkan Tanda Penuaan

Menghilangkan Tanda Penuaan, Seiring dengan bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan muncul perlahan-lahan pada wajah yang sulit untuk dihindari. Hal ini hendaknya tidak membuat Anda berkecil hati, karena dengan perawatan yang tepat, tanda-tanda penuaan ini dapat dikurangi dari wajah Anda.

Berikut tanda-tanda penuaan yang biasa muncul dan perawatan yang dapat Anda lakukan untuk menguranginya:

Kerut pada kulit
Salah satu yang menandakan penuaan adalah kerutan pada kulit. Anda mungkin bisa dibuat tidak percaya diri oleh kerutan yang mengganggu ini.

Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan krim anti kerut yang sudah teruji dan aman untuk digunakan. Suatu produk anti kerut yang baik seharusnya memiliki fungsi-fungsi untuk melembapkan kulit, mengandung antioksidan dan mampu merangsang tubuh untuk menghasilkan kolagen yang sangat berguna untuk kulit.
Kulit kendur
Kulit kendur menjadi tanda bahwa umur kita sudah tidak muda lagi. Jika saat masih muda kulit wajah terlihat kencang, tetapi dengan berkurangnya kolagen membuat kulit menjadi kendur.

Solusi untuk masalah ini adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan, vitamin A, C dan E. Anda juga dapat menggunakan produk kecantikan kulit yang mampu untuk mengangkat dan mengencangkan kulit. Selain itu, perkembangan zaman memungkinkan Anda untuk menyuntikkan vitamin A, C atau E.
Flek penuaan
Flek-flek berwarna coklat pada wajah semakin muncul pada wajah atau kulit orang yang sudah tua. Flek-flek ini semakin nyata seraya umur bertambah. Penyebabnya adalah sinar matahari, kehamilan atau penyebab lain yang membuat penyebaran melanin pada tubuh tidak merata. Sehingga melanin ini menyebabkan flek coklat pada wajah.

Solusi untuk masalah ini adalah menggunakan produk pencerah kulit dan perbanyak konsumsi vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kulit.
Garis tertawa di sekitar mata
Saat kita tertawa, umumnya akan muncul garis-garis di sekitar mata dan garis-garis ini semakin nyata seiring bertambahnya usia. Garis-garis ini biasa disebut sebagai garis tertawa. Garis ini juga muncul apabila kita mengernyitkan mata.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan krim mata secara teratur. Dan yang tidak kalah penting adalah cukup tidur setiap hari. Penggunaan krim mata dan istirahat yang cukup dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam pada mata dan membuat mata tidak terlihat lelah.
Kerut di sekitar alis
Kerutan diantara kedua alis semakin tampak saat usia semakin bertambah. Kerutan ini semakin nyata saat kita mengernyitkan alis.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan senam wajah, memijat bagian wajah yang berkerut ini dan menggunakan pelembap setiap hari.
Wajah terlihat kusam
Wajah yang terlihat kusam disebabkan karena berkurangnya kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan pembersih wajah, pelembap dan penggunaan masker secara teratur.
Kulit kering
Kadar air yang semakin sedikit pada saat kita bertambah tua membuat kulit menjadi kering.

Solusi untuk masalah ini adalah memakai produk pelembap kulit yang mengandung vitamin.
Bibir kering
Penuaan wajah juga terlihat pada bibir yang terlihat kering dan tidak lagi berwarna merah atau pink.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan produk pelembap bibir atau seskali menggunakan masker untuk bibir. Mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur dapat menjadi solusi alami yang aman untuk melembapkan bibir.

Tips Merawat Kuku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Posted: 01 Jan 2012 08:09 PM PST

Tips Merawat Kuku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tips Merawat Kuku untuk Kesehatan dan Kecantikan

Merawat kuku sangat penting untuk dilakukan untuk menjaga kesehatan dan juga penampilan. Kuku-kuku dapat menyimpan bakteri dan kuman penyebab penyakit yang berbahaya bagi kesehatan. Oleh karena itu, merawat kuku sangat penting untuk dilakukan secara rutin.

Merawat kuku tidaklah sulit untuk dilakukan dan relatif murah karena hanya memerlukan bahan alami yang ada di sekitar kita. Merawat kuku selain dapat memberikan efek positif terhadap kesehatan, juga dapat menjaga kecantikan. Kaum perempuan pada umumnya merawat kuku demi kecantikan karena kuku yang lentik, indah, dan bersih juga merupakan bagian dari fashion. Banyak kaum perempuan yang suka mengecat kuku untuk memberikan efek berkilau pada kuku. Hal ini tidak terlalu baik untuk dilakukan terus-menerus. Merawat kuku yang sering dicat juga harus lebih spesial karena kuku yang sering dicat akan mengalami kerusakan.

Merawat kuku sangatlah penting dan beberapa tips berikut ini dapat anda jadikan sebagai referensi. Anda mungkin sudah mengenal khasiat belimbing sayur untuk obat darah tinggi tetapi belum mengetahui bahwa belimbing sayur dapat anda gunakan untuk merawat kuku. Belimbing sayur dapat membuat kuku anda lebih kuat dan tidak gampang patah.

  • Anda tinggal menggoreskan belimbing sayur secara teratur dan mendapatkan manfaatnya setelah beberapa kali perawatan.
  • Selain itu, anda juga dapat merawat kuku anda dengan cara merendamnya di dalam cuka apel dan minyak zaitun dalam keadaan hangat. Dengan perawatan teratur, anda akan mendapatkan khasiat dari perawatan kuku dengan bahan-bahan alami tersebut.
  • Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan air jeruk nipis untuk merawat kuku anda. Air jeruk nipis mengandung astringent yang dapat membantu anda mengihangkan noda pada kuku. Anda hanya harus merendam kuku-kuku anda dalam air jeruk nipis selama 10-15 menit setiap perawatan untuk mendapatkan kuku yang bersih dan indah.
  • Merawat kuku juga dapat anda lakukan dari dalam tubuh. Minum susu secara rutin bisa sangat berguna untuk merawat kuku anda karena susu banyak mengandung kalsium yang baik untuk merawat kuku.
  •  Selain itu, ada beberapa hal lain yang bisa anda terapkan untuk merawat kuku. Antara lain anda tidak boleh melukai kuku anda, tidak boleh menggigiti, dan harus menjaga kelembaban serta memotongnya secara rutin. Merawat kuku akan menjadi rutinitas yang menyenangkan jika anda telah mendapatkan khasiatnya dan memahami betapa pentingnya perawatan kuku bagi kesehatan anda.

Kuku kaki dan tangan sudah jelas adalah bagian dari kecantikan. Membersihkan dan merawat kuku secara rutin adalah sangat penting. Bahkan hanya dengan melakukan perawatan kuku biasa saja sudah cukup untuk membuat kuku tetal sehat dan indah.

Jadi anda tidak perlu melakukan perawatan pedicure di salon kecantikan. Merawat kuku selain menggunakan bahan-bahan herbal juga dapat dengan perawatan kuku sederhana yang bisa anda terapkan secara rutin. Salah satunya adalah dengan menggunakan bahan kimia yang aman untuk kuku untuk membersihkan kuteks atau jenis cat kuku lain. Aceton adalah satu bahan yang aman untuk menghapus cat kuku. Ketika menghapus cat kuku anda sebaiknya tidak menggosok kuku anda, anda harus mengusapnya pelan-pelan untuk menghindari rusaknya kutikula. Kuku juga harus segera anda rapikan jika sudah memanjang dan tidak beraturan. Hal ini penting untuk merawat kuku dan menghindarkan bakteri untuk masuk ke sela kuku yang sudah memanjang.
Selain itu, dalam merawat kuku, anda harus menjaga kutikula. Anda tidak boleh memotong kutikula karena dapat membuatnya infeksi dan merusak jaringan yang penting untuk kesehatan kuku. Menggunakan krim untuk merawat kuku juga sangat penting untuk menjaga kelembaban kuku. Anda bisa menggunakan krim yang biasa anda gunakan untuk kaki dan tangan pada kuku-kuku anda untuk merawat kuku anda dan membiarkannya beberapa saat. Kemudian keringkan kuku anda dengan handuk hangat dan mengulanginya sekali lagi untuk hasil terbaik.

Ada banyak lagi hal-hal yang harus anda applikasikan untuk merawat kuku dan membuatnya sehat. Penggunaan serum untuk menguatkan kuku perlu anda gunakan jika kuku anda bermasalah. Merawat kuku juga bisa anda lakukan melalui kebiasaan-kebiasaan yang penting untuk merawat kuku. Anda hendaknya tidak menggunakan kuku anda sebagai alat agar tidak rusak.

Selain itu, anda juga harus memahami beberapa zat berbahaya seperti detergen yang bisa membahayakan kuku anda. Singkatnya, merawat kuku bisa anda lakukan mulai dari dengan memanfaatkan bahan-bahan alami sampai dengan menerapkan kebiasaan yang sehat.

Serba-Serbi Stroke

Posted: 01 Jan 2012 07:40 PM PST

Serba-Serbi Stroke

Serba-Serbi Stroke

Penyakit stroke adalah gangguan fungsi otak akibat aliran darah ke otak mengalami gangguan (berkurang). Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang dbutuhkan otak tidak terpenuhi dengan baik. Penyebab stroke ada 2 macam, yaitu adanya sumbatan di pembuluh darah (trombus), dan adanya pembuluh darah yang pecah.

Umumnya stroke diderita oleh orang tua, karena proses penuaan menyebabkan pembuluh darah mengeras dan menyempit (arteriosclerosis) dan adanya lemak yang menyumbat pembuluh darah (atherosclerosis). Tapi beberapa kasus terakhir menunjukkan peningkatan kasus stroke yang terjadi pada usia remaja dan usia produktif (15 – 40 tahun). Pada golongan ini, penyebab utama stroke adalah stress, penyalahgunaan narkoba, alkohol, faktor keturunan, dan gaya hidup yang tidak sehat.

Penyebab stroke

Pada kasus stroke usia remaja, faktor genetika (keturunan) merupakan penyebab utama terjadinya stroke. Sering ditemui kasus stroke yang disebabkan oleh pembuluh darah yang rapuh dan mudah pecah, atau kelainan sistem darah seperti penyakit hemofilia dan thalassemia yang diturunkan oleh orang tua penderita. Sedangkan jika ada anggota keluarga yang menderita diabetes (penyakit kencing manis), hipertensi (tekanan darah tinggi), dan penyakit jantung, kemungkinan terkena stroke menjadi lebih besar pada anggota keluarga lainnya.

Penyebab serangan stroke lainnya adalah makanan dengan kadar kolesterol jahat (Low Density Lipoprotein) yang sangat tinggi. Koleserol jahat ini banyak terdapat pada junk food, atau makanan cepat saji. Selain itu, penyebab terjadinya serangan stroke lainnya adalah kebiasaan malas berolah raga dan bergerak, banyak minum alkohol, merokok, penggunaan narkotika dan zat adiktif, waktu istirahat yang sangat kurang, serta stress yang berkepanjangan. Pecahnya pembuluh darah juga sering diakibatkan karena penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

Gejala terjadinya serangan stroke

Gejala awal stroke umumnya pusing, kepala serasa berputar (seperti penyakit vertigo), kemudian disusul dengan gangguan berbicara dan menggerakkan otot mulut. Gejala lainnya adalah tergangguanya sensor perasa (tidak bisa merasakan apapun , seperti dicubit atau ditusuk jarum) dan tubuh terasa lumpuh sebelah, serta tidak adanya gerakan refleks. Sering juga terjadi buta mendadak atau kaburnya pandangan (karena suplai darah dan oksigen ke mata berkurang drastis), terganggunya sistem rasa di mulut dan otot-otot mulut (sehingga sering dijumpai wajah penderita menjadi mencong), lumpuhnya otot-otot tubuh yang lain, dan terganggunya sistem memory dan emosi. Sering dijumpai penderita tidak dapat menghentikan tangisnya karena lumpuhnya kontrol otak pada sistem emosinya. Hal itu membuat penderita stroke berlaku seperti penderita penyakit kejiwaan, padahal bukan. Hal-hal seperti ini yang perlu dimengerti oleh keluarga penderita.

Proses penyembuhan

Ada 2 proses penyembuhan utama yang harus dijalani penderita. Pertama adalah penyembuhan dengan obat-obatan di rumah sakit. Kontrol yang ketat harus dilakukan untuk menjaga agar kadar kolesterol jahat dapat diturunkan dan tidak bertambah naik. Selain itu, penderita juga dilarang makan makanan yang dapat memicu terjadinya serangan stroke seperti junk food dan garam (dapat memicu hipertensi).

Proses penyembuhan kedua adalah fisiotherapy, yaitu latihan otot-otot untuk mengembalikan fungsi otot dan fungsi komunikasi agar mendekati kondisi semula. Fisiotherapi dilakukan bersama instruktur fisiotherapi, dan pasien harus taat pada latihan yang dilakukan. Jika fisiotherapi ini tidak dijalani dengan sungguh-sungguh, maka dapat terjadi kelumpuhan permanen pada anggota tubuh yang pernah mengalami kelumpuhan.

Kesembuhan pada penderita stroke sangat bervariasi. Ada yang bisa sembuh sempurna (100 %), ada pula yang cuma 50 % saja. Kesembuhan ini tergantung dari parah atau tidaknya serangan stroke, kondisi tubuh penderita, ketaatan penderita dalam menjalani proses penyembuhan, ketekunan dan semangat penderita untuk sembuh, serta dukungan dan pengertian dari seluruh anggota keluarga penderita. Seringkali ditemui bahwa penderita stroke dapat pulih kembali, tetapi menderita depresi hebat karena keluarga mereka tidak mau mengerti dan merasa sangat terganggu dengan penyakit yang dideritanya (seperti sikap tidak menerima keadaan penderita, perlakuan kasar karena harus membersihkan kotoran penderita, menyerahkan penderita kepada suster yang juga memperlakukan penderita dengan kasar, dan sebagainya). Hal ini yang harus dihindarkan jika ada anggota keluarga yang menderita serangan stroke.

Manfaat Berjalan kaki bisa meningkatkan kecerdasan

Posted: 01 Jan 2012 02:45 PM PST

Manfaat Berjalan kaki bisa meningkatkan kecerdasan

Manfaat Berjalan kaki bisa meningkatkan kecerdasan

Ilmuwan dari Universitas Illinois menyatakan dan meneliti variabel yang berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang ditantarnya karena pengaruh berjalan kaki di udara terbuka. Kegiatan ini sangat mudah dilakukan lewat joging ataupun jalan-jalan bersama anak anda.

Seperti yang dikutip dari geniusbeauty, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli bedah saraf dari University of Illinois yang menemukan bahwa ada hubungan langsung antara otak dengan berjalan.

Menurut direktur riset tersebut, Profesor Art Kramer, tingkat kecerdasan orang akan meningkat jika dia berjalan setidaknya tiga kali seminggu selama 40 menit di udara terbuka. Seperti yang dilaporkan oleh dailymail, para ilmuwan percaya bahwa dengan berjalan akan mengaktifkan seluruh kegiatan dan struktur otak karena adanya rangsangan eksternal.

Mengenal Asam Urat

Posted: 01 Jan 2012 02:45 PM PST

Mengenal Asam Urat

Mengenal Asam Urat

Mengenal Asam Urat, Asam Urat sering dialami oleh banyak orang sekarang ini. Bahkan, orang yang masih tergolong muda juga sering ditimpa penyakit ini. Sebenarnya, seperti apa penyakit ini? Apa saja gejala, penyebab, dan solusinya? Serta makanan apa yang menjadi pantangan? Berikut kita akan membahasnya.

Yang dimaksud dengan asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yg kita konsumsi, ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin.

Kesimpulan singkat tentang asam urat

  • Gejala Asam Urat
  1. Kesemutan dan linu
  2. Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
  3. Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.
  • Solusi Mengatasi Asam Urat
  1. Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
  2. Kontrol makanan yang dikonsumsi.
  3. Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
  • Makanan yang Dihindari (mengandung banyak purin)
  1. Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
  2. Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
  3. Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
  4. Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  5. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  6. Sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis.
  7. Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas, air kelapa.
  8. Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, tuak.

0 komentar:

Posting Komentar