Kamis, 05 Januari 2012

Tips Kecantikan

Tips Kecantikan


6 Manfaat Kesehatan Mendengar Musik

Posted: 05 Jan 2012 02:45 AM PST

6 Manfaat Kesehatan Mendengar Musik

6 Manfaat Kesehatan Mendengar Musik

Mendengarkan musik bukanlah sekedar hiburan semata. Tanpa Anda sadari, alunan musik sebenarnya telah memberikan perubahan suasana hati dan bahkan membantu Anda untuk berkonsentrasi.

Sebuah studi menunjukkan, mendengarkan lagu dapat memberikan efek pada beberapa bagian otak, yang bertanggung jawab terkait memori dan pengelihatan.

“Sebagai contoh, sebuah penelitian terbaru di Kanada menunjukkan bahwa ada hubungan kausal antara musik dan bagian inti dari otak yang bereaksi terhadap rangsangan (makanan, cahaya, seks),” kata Dr Victoria Williamson, dosen psikologi dari Goldsmith College London.

Lantas apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda dapat dengan mendengarkan musik?

1. Meningkatkan suasana hati (Mood)

Reaksi orang ketika mendengarkan musik umumnya berbeda-beda. Tetapi, apapun pilihan musik Anda, sebuah penelitian 2011 di Kanada, yang diterbitkan jurnal Nature Neuroscience menunjukkan bahwa mendengar musik favorit Anda dapat membantu mencairkan suasana hati yang buruk.

Penelitian di McGill University Montreal menunjukkan bahwa mendengarkan musik dapat memicu pelepasan hormon dopamin.

“Otak sangat rumit – ada banyak unsur yang terlibat dalam menciptakan perasaan senang – tidak mengherankan jika ada penelitian yang menunjukkan bahwa pelepasan dopamin berhubungan dengan perasaan senang,” kata Bridget O’Connell, kepala informasi dari Mental Health Charity Mind.

2. Fokus

Ini memang sedikit aneh, tetapi bukti menunjukkan bahwa mendenggarkan musik dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi. Sebuah alat ‘digital tonic’ yang biasa disebut Ubrain, mengklaim dapat membantu pikiran fokus serta rileks.

Aplikasi ini didasarkan pada binaural beats (yang dapat merangsang aktivitas tertentu di otak) sehingga membantu Anda untuk meningkatkan energi, pikiran dan meningkatkan mood saat mendengarkan musik favorit.

“Dengan membantu korteks otak menghasilkan gelombang tertentu, kita dapat menginduksi beberapa bagian pada otak tetap terjaga, tergantung pada tujuan yang ingin kita lakukan,” jelas Paris psikolog klinis dari Brigitte Forgeot.

3. Tingkatkan daya tahan tubuh

Mendengarkan musik tertentu sebenarnya bisa membantu Anda berlari lebih cepat. Sebuah studi di Brunel University, London Barat telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sebesar 15 persen, meningkatkan semangat dan efisiensi energi 1-2 persen.

Sebaiknya, pilihlah lagu yang sesuai dengan tempo olahraga Anda. Mendengarkan musik sambil olahraga akan memberikan efek metronomik pada tubuh, sehingga memungkinkan Anda untuk berolahraga lebih lama.

4. Kesehatan mental lebih baik

Musik dapat menjadi pengobatan yang efektif dan positif bagi orang-orang berurusan dengan kondisi kesehatan mental.

“Ada dua cara berbeda yang digunakan dalam terapi musik: baik sebagai sarana komunikasi dan ekspresi diri atau untuk kualitas inheren restoratif atau penyembuhan,” kata Bridget O’Connell.

5. Redakan stres

Riset tahun 2011 dari lembaga sosial kesehatan mental menunjukkan, hampir sepertiga orang mendengarkan musik untuk memberikan semangat ketika sedang bekerja. Dan satu dari empat orang mengaku bahwa mereka mendengarkan musik saat perjalanan ke tempat kerja untuk membantu mengatasi stres.

6. Perawatan pasien

Musik benar-benar dapat memiliki dampak positif yang signifikan pada pasien dengan penyakit jangka panjang, seperti penyakit jantung, kanker dan kondisi pernapasan.

Banyak percobaan telah menunjukkan bahwa musik dapat membantu menurunkan detak jantung, tekanan darah dan membantu meredakan rasa sakit, kecemasan dan meningkatkan kualitas hidup pasien.

“Musik dapat sangat berguna bagi seseorang yang berada dalam situasi di mana mereka telah kehilangan kontrol dari lingkungan eksternal mereka,” kata dr Williamson.

“Dengan musik mereka bisa mendapatkan kembali rasa kontrol itu, dan menciptakan ketenangan pada diri sendiri serta mencegah beberapa gangguan yang ada di sekitar pasien,” tambahnya.

sumber : health.kompas.com

3 Hal Yang Harus Anda Jaga Untuk Membentuk Perut Sixpack

Posted: 04 Jan 2012 05:55 PM PST

3 Hal Yang Harus Anda Jaga Untuk Membentuk Perut Sixpack

3 Hal Yang Harus Anda Jaga Untuk Membentuk Perut Sixpack

Semua orang pasti ingin memiliki perut sixpack yang indah dan kencang. Membentuk perut sixpack tidaklah sesulit yang Anda bayangkan. Intinya adalah mengikis lemak tubuh dan meningkatkan massa otot perut Anda. Memang masih banyak di antara Anda yang belum berhasil mewujudkan impian memiliki perut sixpack. Ada 3 hal penting yang harus Anda jaga agar Anda bisa membentuk perut sixpack lebih mudah.

  • Jalankan Diet Sehat

Mengurangi asupan kalori dalam tubuh untuk menghindari penimbunan lemak baru adalah langkah yang efektif untuk membentuk perut sixpack. Caranya adalah dengan menjalankan diet sehat. Diet sehat berarti mengatur masuknya kalori dalam tubuh dengan mengonsumsi makanan yang lebih sehat. Seringkali saat Anda sibuk bekerja, Anda cenderung ngemil makanan berminyak, berlemak, dan berkalori tinggi seperti burger, pizza, dan makanan cepat saji lainnya. Inilah yang dapat memicu penimbunan lemak di tubuh Anda.
Lemak yang tertimbun dalam tubuh terutama pada perut Anda akan menutup otot perut, sehingga Anda akan sulit membentuk perut sixpack. Jauhi makanan berlemak dan berkalori tinggi dan gantikan dengan makanan sehat seperti salad buah, sereal gandum, atau oatmeal. Jenis makanan ini kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang dapat membantu menurunkan kadar lemak tubuh Anda. Makanlah menu sehat ini sebanyak 6 kali per hari. Selain itu, minumlah banyak air setidaknya 8-9 gelas per hari agar tubuh Anda tetap terhidrasi.

  • Lakukan Latihan Rutin

Setelah menjaga pola makan, langkah untuk membentuk perut sixpack adalah dengan berlatih secara rutin. Membentuk perut sixpack berarti harus mengurangi kelebihan lemak tubuh, terutama di bagian perut Anda. Untuk membakar kelebihan lemak tubuh, Anda harus melakukan latihan kardio seperti jalan cepat, jogging, atau lari. Lakukan latihan kardio setidaknya 45 menit 3-5 kali seminggu. Selain berlatih kardio, Anda juga dianjurkan untuk melakukan latihan crunch dan squat. Latihan ini merupakan latihan compound yang memungkinkan beberapa kelompok otot terlatih secara bersamaan, yaitu otot perut, pinggul, dan otot kaki.

  • Jaga Motivasi Diri

Menjaga pola makan dan berlatih rutin tidak akan membuahkan hasil maksimal jika Anda hanya melakukannya dalam beberapa hari saja. Tidak semua orang sanggup melewati masa-masa di mana mereka harus menjalani rutinitas yang terkadang membuat mereka jenuh dan kehilangan semangat. Oleh karena itu, menjaga motivasi diri menjadi langkah akhir yang paling penting untuk keberhasilan Anda membentuk perut sixpack. Jangan putus asa jika Anda tidak melihat perubahan otot perut Anda dalam waktu singkat. Pahamilah bahwa untuk mendapatkan hasil terbaik diperlukan kesabaran untuk menjalaninya secara bertahap, karena mewujudkan perut sixpack bukanlah proses yang instan.
Nah, jika Anda berhasil melalui 3 langkah ini dengan baik, maka tidak ada yang dapat menghentikan Anda untuk membentuk perut sixpack seperti yang Anda impikan. Bulatkan tekad Anda mulai hari ini dan segera wujudkan impian Anda untuk memiliki perut sixpack!

Latihan Kardio Untuk Menurunkan Berat Badan

Posted: 04 Jan 2012 05:47 PM PST

Latihan Kardio Untuk Menurunkan Berat Badan

Latihan Kardio Untuk Menurunkan Berat Badan

Kardio itu asal muasal katanya dari Cardiovascular, dan istilah ini berhubungan dengan 2 hal yaitu Jantung dan Pembuluh darah. Cara kerja Cardiovascular System yaitu jantung memompa darah, terus membiarkan darah mengalir keseluruh tubuh (bawa nutrisi) lewat arteri kesemua bagian yg bisa dilewatin, termasuk otot. Kalian bisa rasain efek Cardiovascular itu dari denyut nadi tangan, dup dup dup dup.. itu biasanya dijadiin penentu denyut nadi kita.

Tahukah Anda bahwa salah satu usaha yang bagus untuk menurunkan berat badan adalah latihan kardio secara teratur. Berikut adalah latihan kardio terbaik yang dapat dilakukan.

Lari
Lari merupakan salah satu latihan kardio yang bisa Anda lakukan. Tidak memerlukan peralatan khusus (kecuali beberapa sepatu olahraga) dan Anda dapat melakukannya di mana saja. Anda membakar banyak kalori, terutama jika Anda berlari di daerah yang berbukit bukit dan sprint. Seseorang 145 lb bisa membakar 300 (di 5.2 mph) dalam 30 menit. Kekurangannya adalah, dibutuhkan banyak latihan, lutut dan pergelangan kaki Anda harus bekerja ekstra keras.

Bersepeda
Latihan kardio ini menguras kalori Anda. Bersepeda menggunakan semua kekuatan di kaki Anda, Anda akan meningkatkan daya tahan tubuh sementara banyak membakar kalori, di mana saja tempatnya, lakukan dalam 30 menit, tergantung pada seberapa cepat Anda pergi dan seberapa tinggi ketahanan Anda.

Renang
Berenang menggunakan hampir seluruh otot otot utama tubuh. Luangkan 30 menit melakukan gaya dada dan Anda akan membakar hampir 400 kalori. Terbaik dari semua latihan kardio karena sendi Anda benar benar digunakan secara merata dan Anda tidak perlu khawatir tentang cedera yang berdampak tinggi. Renang juga bagus di kombinasikan dengan latihan kardio yang lain.

Berjalan
Jika Anda memasukkan keuletan sedikit ke dalamnya, berjalan adalah latihan yang bagus, membakar sekitar 180 kalori dalam 30 menit. Jika dilakukan di daerah berbukit bukit, sprint atau bahkan beberapa menit jogging dapat meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar. Pastikan Anda berjalan cepat, seolah olah Anda mencoba untuk mengejar bus .

Bola tangan
Oke, saya tidak hanya menempatkan ini di sini karena teman saya memainkan bola tangan (dan sangat baik, saya bisa menambahkan). Mirip dengan tenis (tapi tanpa raket), yang sprint sisi ke sisi akan membuat detak jantung Anda serta memperkuat kaki Anda.

Cara Praktis Menjaga Daya Tahan Tubuh

Posted: 04 Jan 2012 02:46 PM PST

Cara Praktis Menjaga Daya Tahan Tubuh

Cara Praktis Menjaga Daya Tahan Tubuh

Banyak orang yang rela memberi obat-obatan hanya untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Apakah mereka nggak tau atau mengabaikannya bahwa obat-obatan yang di produksi melalui pabrikan itu kebanyakan mengandung kimia yang justru kelak akan membahayakan tubuh sendiri. Padahal untuk menjaga daya tahan tubuh yang praktis, sehat dan alami tidaklah terlalu sulit.

Cara praktis menjaga daya tahan tubuh supaya tubuh selalu sehat, fit dan bugar dengan memperhatikan tips di bawah ini, mudah-mudahan daya tahan tubuh kita akan selalu terjaga, selalu sehat dan selalu fit sehingga tidak mudah terserang penyakit terutama sakit pinggang.

1. Biasakanlah meminum minimal satu gelas air putih yang sudah dingin sewaktu baru bangun tidur dan sebelum tidur malam.

2. Jangan pernah meminum air ketika sedang makan. Jadi sebelum makan makan minumlah air sedikit terlebih dahulu dan setelah siap makan tunggu sekitar 10 menit baru meminum air.
3. Jangan pernah meminum air secara tergesa-gesa, tapi minumlah air itu secara santai dan pelan-pelan.
4. Jangan biasakan meminum air es karena akan berefek samping pada kesehatan tubuh.
5. Jangan makan makanan yang terlalu pedas.
6. Jangan makan makanan yang masih panas.
7. Jangan pernah minum air sehabis bersetubuh, tapi tunggulah sekitar ½ jam dulu, baru minum.
8. Biasakan lari pagi.

0 komentar:

Posting Komentar