Jumat, 06 Januari 2012

Tips Kecantikan

Tips Kecantikan


Tips Menyembuhkan Kutu Air

Posted: 06 Jan 2012 02:45 AM PST

Tips Menyembuhkan Kutu Air

Tips Menyembuhkan Kutu Air

Tips Menyembuhkan Kutu Air,Kutu air adalah sebutan awam bagi sejumlah krustasea kecil penghuni air. Kutu air merupakan penyakit yang menyerang kaki yang lembab karena sering berada di tempat tempat yang basah seperti kamar mandi, selokan dan tempat basah lainnya.  Kutu air bukan serangga dan tidak hidup sebagai parasit, sebagaimana banyak kutu yang hidup di luar air. Secara taksonomi, hewan yang disebut kutu air termasuk dalam genera Daphnia (paling umum), Cyclops, Bosmina, dan Diaptomus. Kutu air merupakan bagian dari zooplankton.

Kutu air berukuran panjang kurang dari setengah milimeter dan pakannya adalah berbagai fitoplankton dan juga sisa-sisa makanan hewan lainnya (detritus).

Sebenarnya sangatlah mudah untuk menyembuhkan kutu air, yaitu dengan beberapa cara berikutt :

1. Gunakan selalu sandal terutama jika anda berada di tempat basah

2. Usahakan agar kaki selalu dalam keadaan kering, Jika anda membasuh kaki maka segera keringkan.

3. Rendam kaki di dalam air hangat yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan garam dapur

Cara ke 3 memang akan menimbulkan reaksi yang luar biasa perih pada kaki yang terkena kutu air tapi ini adalah cara yang paling ampuh untuk menyembuhkan kutu air.

Renang Ternyata Dapat Memicu Osteoporosis

Posted: 05 Jan 2012 09:02 PM PST

Renang Ternyata Dapat Memicu Osteoporosis

Renang Ternyata Dapat Memicu Osteoporosis

Osteoporosis adalah suatu penyakit dimana penderitanya banyak kehilangan massa tulang sehingga tulang menjadi lebih rapuh dan mudah mengalami fraktura, terutama di bagian-bagian tertentu seperti pinggang, tulang punggung, dan bahkan bahu. Gejala osteoporosis tidak disertai oleh rasa sakit sama sekali sehingga banyak orang tidak menyadari terjadinya osteoporosis di dalam tubuh mereka. Sebuah penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa ada 24 juta orang Amerika yang telah menderita osteoporosis dimana 80%-nya adalah perempuan dan diperkirakan ada 10 juta orang lagi di dunia yang tengah mengalami osteoporosis. Itu berarti 1 dari 4 wanita dan 1 dari 8 pria berusia di atas 50 tahun telah mengidap osteoporosis. Lebih jauh lagi, ada 1 dari 4 pasien osteoporosis yang meninggal dunia setelah mengalami keretakan atau patah tulang.

Tanda-tanda awal berkurangnya massa tulang adalah mudah retak, terutama pada bagian pinggul, lengan, dan juga ruas tulang belakang. Meskipun osteoporosis biasanya disebabkan oleh obat-obatan (misalnya steroid) atau penyakit tertentu, sebagian besar kasus osteoporosis biasanya disebabkan oleh bertambahnya usia (senile osteoporosis) dan penurunan drastis hormon estrogen (postmenopausal osteoporosis) pada wanita berumur sekitar 50 tahun.

Sebenarnya, tulang kita secara alami melakukan pembaharuan sel-sel tulang secara terus menerus. Di luar angkasa, tubuh astronot biasanya merespon kurangnya tekanan gravitasi dengan mengurangi masa tulang mereka. Semakin besar tekanan yang diberikan pada tulang dalam kurun waktu tertentu, semakin besar pula respon tubuh untuk menambah kepadatan tulang.

Berenang, meskipun terkenal sangat baik untuk senam kardiovaskular, keflexibelan tubuh, serta melatih kekuatan, rupanya memilikki pengaruh buruk bagi tulang. Sebuah studi yang membandingkan perenang dengan atlet olahraga lain menunjukkan bahwa kepadatan tulang seorang perenang sangatlah buruk. Peningkatan massa otot dan tarikan kuat di seluruh tubuh rupanya tidak mampu menstimulasi peningkatan kepadatan tulang. Hal ini disebabkan karena saat kita berenang, tubuh kita terbebas dari tekanan gravitasi bumi dan sama sekali tidak terbebani oleh berat yang mampu merangsang kepadatan tulang.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang perenang?

Bagi Anda yang suka berenang, Anda tidak perlu khawatir dan menghentikan aktivitas berenang Anda karena ada beberapa cara unuk mencegah osteopororsis pada perenang. Sebagai langkah awal, seorang perenang sebaiknya melakukan sedikit latihan angkat beban di air karena tekanan beban dapat menstimulasi peningkatan kepadatan tulang. Kita bisa melihat beberapa contoh olahraga lain yang dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang seperti basket, angkat barbel, dan voli, sementara olahraga seperti lari dan lompat tali biasanya tidak begitu membantu hal tersebut.

Apakah harus diet juga?

Selain makanan-makanan sehat seperti buah dan sayur, ada baiknya seorang perenang (terutama yang dewasa) juga mengonsumsi kalsium lebih banyak dari biasanya. Jenis-jenis kalsium yang mudah diserap antara lain adalah berupa kalsium sitrat, glukonat, dan laktat. Sebagian besar orang normalnya mendapat asupan kalsium sebanyak 800-1000 mg per hari, namun wanita pada masa menopause biasanya memerlukan sekitar 1500 mg per hari. Selain itu, mengonsumsi susu kedelai juga dapat membantu menstimulasi pembaharuan jaringan-jaringan tulang.

 

Emosi Ternyata Mempengaruhi Kesehatan Kulit

Posted: 05 Jan 2012 08:47 PM PST

Emosi Ternyata Mempengaruhi Kesehatan Kulit

Emosi Ternyata Mempengaruhi Kesehatan Kulit

Kulit yang indah dan sehat, tentu akan membuat pemiliknya menjadi merasa nyaman dan menarik selain juga meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang memiliki kulit tidak sehat.

Seseorang yang memiliki emosi yang cenderung positif, aka mempengaruhi kulit mereka sehingga terlihat bersinar dan sehat. Hal ini karena pelindung kulit berfungsi dengan normal, kulit juga terhidrasi dengan baik, serta aliran darah yang mengalir lancar.

Sebaliknya, emosi yang negatif akan merudak kulit dalam berbagai cara. Misalnya, ketika stress tanpa sadar Anda akan menggigit-gigit kuku. Pada sebagian orang, stress juga dapat menyebabkan penguapan berlebih pada kulit. Hal ini karena saat stress seseorang cenderung melupakan urusan merawat kulit mereka. Mereka cenderung kurang energi dan motivasi untuk merawat kulit karena sibuk memikirkan permasalahan, yang justru akan memperburuk kesehatan kulit.

Dalam kondisi stress, seseorang akan cenderung makan lebih banyak, merokok, minum alkohol, semua kebiasaan tersebut akan menyebabkan kulit kering, tampak pucat, dan tidak sehat.

Emosi yang negatif yang menyebabkan stress, berbagai penyebabnya adalah lingkungan, pola diet yang salah, kurang olahraga, kurang tidur, sakit, tekanan yang berat. Stress akan memicu pembentukan hormon stress, adrenaline, kortisol, dan DHEA, yang akan menyebabkan berbagai perubahan pada kulit, yakni :

1. Meningkatkan produksi sebum atau minyak yang menyebabkan penyumbatan pori-pori,whitehead, dan blackhead.

2. Mengganggu kemampuan kulit untuk memperbarui atau meregenarasi kulit,membuatnya lebih rentan terserang infeksi. Selain itu juga mempengaruhi fungsi sistem imune.

3. Meningkatkan produksi agen inflamasi neuropeptide, yang membuat kulit menjadi sensitive. Hal ini dapat memicu kulit menjadi kemerahan, terasa perih, dan gatal. Pelepasan neurpeptidan dan senyawa yang diproduksi akibat stress dapat ditekan dengan managemen stress yang baik, seperti yang diutarakan oleh seorang dermatologis.

4. Memperburuk masalah kulit yang sudah ada seperti jerawat, psoriasis, eczemas, dermatitis, dan lain-lain.

5. Selain pada kulit, stress juga berdampak pada rambut. Saat stress, memicu rambut berada pada fase telogen –rambut rontok. Telogen effluvium merupakan permasalahan rambut yang dapat terjadi apabila stress berlangsung lama hingga 1-3 bulan.

6. Mempercepat proses penuaan. Response stress menyebabkan keseimbangan funsi tubuh terganggu, yang menyebabkan terganggunya regulasi sekresi hormon, kemampuan regenerasi sel, dan produksi kolagen. Hal ini akan memicu timbulnya keriput, pigmentasi, dan garis-garis wajah.

>> Solusi

Meskipun tidak mungkin menghindari stress dalam hidup, namun ada beberapa teknik yang dapat digunakan untuk memanagemennya agar tidak mempengaruhi kesehatan kulit.

Jangan lupakan kebiasaan mencuci muka, sekalipun Anda sedang merasa tidak enak, atau dalam kondisi emosi yang labil.
Perhatikan pola makan Anda! HINDARI mengkonsumsi gula, kafein, junk food, merokok, dan alkohol secara berlebihan, saat sedang stress.
Belajar teknik relaksasi, seperti menahan nafas dalam-dalam dan menghembuskannya, dapat juga dengan meditasi dan yoga, untuk menenangkan pikiran.
Lakukan pemijatan pada tubuh agar lebih relak, atau dengan melakukan perawatan spa.
Beralihlah ke hobby Anda apabila sedang stress. Lupakan sejenak pikiran yang berat agar lebih relax.

Madu untuk kecantikan

Posted: 05 Jan 2012 02:45 PM PST

Madu untuk kecantikan

Madu untuk kecantikan

Mungkin kita tahu bahwa madu memiliki banyak fungsi untuk kesehatan dan kecantikan, Selama ini banyak orang mengenal madu sebatas sebagai jenis makanan. Dan tentu ada sejumlah produk kecantikan yang dapat dibeli di toko-toko yang berbahan dasar madu, bagi Anda yang tak mau ribet. Tapi jika Anda lebih senang mengambil manfaat madu alami untuk memoles kecantikan Anda, simak tips yang kami suguhkan ini.

1. Masker Madu: Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mongering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

2. Mandi Untuk Kulit Berkilau: Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah!!!

3.Mandi Madu: Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda.

4.Scrub Madu: Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

5. Pembersih Wajah Setiap Hari: Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

6. Rambut Berkilau: Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

7. Conditioner Rambut: Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

8. Toner Kulit: Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

Jika Anda mau sedikit repot, dengan tips yang kami berikan di atas Anda dapat menciptakan produk-produk bak spa di rumah. Madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan dimana didalamnya terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral. Tapi, sebelum Anda melakukan eksperimen, sebaiknya pastikan produk madu yang Anda beli 100% murni. Dan bagi Anda yang alergi pada madu, sebaiknya jangan mencoba resep ini.

0 komentar:

Posting Komentar