Senin, 26 Desember 2011

Tips Kecantikan

Tips Kecantikan


Cara merawat gigi

Posted: 26 Dec 2011 02:45 AM PST

Cara merawat gigi

Cara merawat gigi

Cara merawat gigi, Gigi merupakan bagian dari tubuh yang keras dan terdapat pada mulut dan gigi juga  mempunyai banyak tugas dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain sebagai untuk menghancurkan makanan, gigi ternyata juga memiliki fungsi yang lain. Seperti untuk merobek makanan ataupun lainnya dan untuk hewan gigi dapat dijadikan senjata untuk memburu mangsanya. Untuk itu, bagi kalian yang tergolong masih muda atau anak-abak sebaiknya rawatlah gigi anda dengan sebaik mungkin agar di kemudian hari atau tua'nya anda masih memiliki gigi yang komplit dan terhindar dari kesakitan akibat gigi berlubang atau yang lainnya.

Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Sebagai bagian dari tubuh, gigi juga memiliki lapisan-lapisan tersendiri. Senyum indah merupakan senyum yang memiliki gigi yang indah pula, dalam arti gigi yang sehat. Untuk itu perawatan gigi juga perlu dilakukan bagi anda.

 

  •  Rawatlah sebelum terlanjur menjadi rusak. Gunakan sedotan jika Anda minum kopi, teh, minuman bersoda dan juga anggur merah. Dengan demikian, minuman tak mengenai gigi secara langsung. Minuman-minuman tersebut biasanya menjadi penyebab kerusakan gigi yang sangat kuat.
  •  Sejumlah zat bisa melekat di gigi Anda dengan mudah. Oleh karena itu Anda harus mecegah terbentuknya noda gigi atau plak. Gunakan brokoli, daun selada atau bayam untuk mencegahnya. Sayur-sayuran itu terbukti sangat manjur untuk urusan mencegah noda gigi.
  • Cara mudah dan sederhana untuk merawat gigi tetap putih adalah menggosok gigi tiga kali sehari dan setiap selesai makan. Namun hati-hati dalam menyikat gigi. Jangan terlalu keras karena itu malah bisa membuat gigi abrasi dan rusak. Lebih bagusnya gunakan sikat gigi elektrik dan atur waktu menyikat gigi selama dua menit. Dan teliti saat menggosok gigi, jangan sampai ada bagian atau sela-sela yang terlewatkan. Sebaiknya gosok gigi sesuai dengan anjuran dokter gigi.
  • Yang termudah dan tercepat namun membutuhkan biaya lebih adalah dengan cara bleacbing atau pemutihan. Model perawatan gigi semacam ini banyak tersedia di klinik gigi dan klinik kecantikan. Perawatan semacam ini bisa bertahan selama dua hingga tiga tahun. Tapi tetap saja setelah di bleaching, Anda harus menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Solusi masalah Bibir

Posted: 25 Dec 2011 11:26 PM PST


Solusi masalah Bibir

Solusi masalah Bibir

Coba perhatikan sejenak bibir Anda di cermin. Apakah Anda melihat bahwa bibir sedikit sekali mendapat perlindungan? Lapisan bibir sangat tipis dan sangat berbeda dengan lapisan kulit lainnya. Pada bagian bibir tidak terdapat kelenjar lemak dan tidak ditumbuhi rambut-rambut halus yang dapat melindunginya. Bibir juga sangat peka dengan sinar matahari sehingga perlu mendapat perlindungan dari sinar matahari.

Sebagai salah satu fungsinya, bibir menjadi tempat masuknya makanan dan minuman setiap hari dalam frekuensi yang cukup banyak. Padahal pada makanan dan minuman tersebut bisa saja terkandung zat yang dapat merusak bibir.

Kondisi fisik bibir yang begitu riskan dan masalah dari luar yng dihadapinya membuat bibir memerlukan perlindungan khusus baik dari dalam maupun dari luar tubuh.

Perusak Bibir dan Solusinya
Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan bibir rusak, antara lain:

Kosmetik
Lipstik atau kosmetik lain untuk bibir yang tidak sesuai atau kadaluwarsa dapat membuat bibir menjadi rusak yang ditandai dengan munculnya bercak kemerahan dan gatal pada bibir.

Solusi: Perhatikan kandungan yang terdapat pada kosmetik sebelum membelinya. Lihat tanggal kedaluwarsa kosmetik dan buang jika kosmetik sudah terlihat rusak. Jaga selalu kebersihan kosmetik agar tidak menjadi tempat bertumbuhnya bakteri, simpan di tempat yang sepatutnya dan bersihkan bibir sebelum menggunakan lipstik agar kotoran yang ada pada bibir tidak berpindah ke lipstik yang dapat menyebabkan lipstik terkontaminasi.
Sinar Matahari
Sinar Ultaviolet (UV) yang ada pada sinar matahari ini dapat merusak bibir. UV tersebut dapat membuat bibir menjadi pecah-pecah, terbakar, bengkak atau timbul bintik-bintik kecoklatan. Hal lebih serius yang diakibatkan sinar matahari adalah dapat membuat kolagen yang terdapat pada bibir menjadi rusak. Akibat dari kerusakan kolagen ini adalah munculnya kerutan pada bibir.

Solusi: Gunakan lip balm yang mengandung sedikitnya SPF 15 jika hendak keluar rumah. Jika Anda akan menghabiskan banyak waktu di luar rumah, Anda dapat mengulangi pemakaian lip balm.
Kebiasaan yang Merusak
Kebiasaan menggigit bibir, membuka sesuatu menggunakan gigi atau membasahi bibir dengan air liur harus dihindari. Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah dan luka.

Solusi: Ingat bagaimana kerusakan yang bisa terjadi akibat kebiasaan tersebut, maka coba untuk segera menghentikan kebiasaan tersebut.
Penuaan
Seiring bertambahnya umur, kandungan kolagen pada bibir ikut menurun sehingga bibir tidak lagi terlihat kenyal. Penuaan pada bibir tampak dari bibir yang terlihat kasar, berkerut dan tampak garis-garis halus. Tetapi, bibir juga dapat mengalami penuaan dini sebelum waktunya. Penyebab penuaan dini pada bibir antara lain adalah sinar matahari, radikal bebas dalam tubuh, makanan dan minuman yang dikonsumsi serta nikotin yang terdapat pada rokok.

Solusi: Penggunaan lipbalm tetap diperlukan agar terhindar dari penuaan dini akibat sinar matahari. Solusi lainnya adalah dengan mengurangi makanan dan minuman yang dapat merusak seperti makanan yang digoreng, kopi, the dan hentikan kebiasaan merokok. Perbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran terutama yang banyak mengandung vitamin B dan vitamin C yang sangat baik agar bibir terlihat segar.
Kanker
Salah satu penyakit yang berbahaya dan akan merusak bibir adalah kanker. Kanker bibir akan lebih besar terjadi jika ada riwayat anggota keluarga yang mengalaminya. Penyebab lainnya adalah sinar matahari, rokok dan minuman beralkohol.

Solusi: Hentikan kebiasaan merokok dan minuman beralkohol serta tetap lindungi bibir dari sinar matahari dengan menggunakan lipbalm yang mengandung UV protection.
Selain solusi diatas yang dapat menangkal kerusakan pada bibir. Anda juga dapat melakukan perawatan pada bibir agar cantik alami misalnya dengan banyak minum air putih dan mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur. Hal tersebut akan membuat bibir menjadi lembab dan tampak indah.

Menghilangkan Tanda Penuaan

Posted: 25 Dec 2011 11:12 PM PST

Menghilangkan Tanda Penuaan

Menghilangkan Tanda Penuaan

Menghilangkan Tanda Penuaan, Seiring dengan bertambahnya usia, tanda-tanda penuaan muncul perlahan-lahan pada wajah yang sulit untuk dihindari. Hal ini hendaknya tidak membuat Anda berkecil hati, karena dengan perawatan yang tepat, tanda-tanda penuaan ini dapat dikurangi dari wajah Anda.

Berikut tanda-tanda penuaan yang biasa muncul dan perawatan yang dapat Anda lakukan untuk menguranginya:

Kerut pada kulit
Salah satu yang menandakan penuaan adalah kerutan pada kulit. Anda mungkin bisa dibuat tidak percaya diri oleh kerutan yang mengganggu ini.

Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan krim anti kerut yang sudah teruji dan aman untuk digunakan. Suatu produk anti kerut yang baik seharusnya memiliki fungsi-fungsi untuk melembapkan kulit, mengandung antioksidan dan mampu merangsang tubuh untuk menghasilkan kolagen yang sangat berguna untuk kulit.
Kulit kendur
Kulit kendur menjadi tanda bahwa umur kita sudah tidak muda lagi. Jika saat masih muda kulit wajah terlihat kencang, tetapi dengan berkurangnya kolagen membuat kulit menjadi kendur.

Solusi untuk masalah ini adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung antioksidan, vitamin A, C dan E. Anda juga dapat menggunakan produk kecantikan kulit yang mampu untuk mengangkat dan mengencangkan kulit. Selain itu, perkembangan zaman memungkinkan Anda untuk menyuntikkan vitamin A, C atau E.
Flek penuaan
Flek-flek berwarna coklat pada wajah semakin muncul pada wajah atau kulit orang yang sudah tua. Flek-flek ini semakin nyata seraya umur bertambah. Penyebabnya adalah sinar matahari, kehamilan atau penyebab lain yang membuat penyebaran melanin pada tubuh tidak merata. Sehingga melanin ini menyebabkan flek coklat pada wajah.

Solusi untuk masalah ini adalah menggunakan produk pencerah kulit dan perbanyak konsumsi vitamin A dan C yang bermanfaat untuk kulit.
Garis tertawa di sekitar mata
Saat kita tertawa, umumnya akan muncul garis-garis di sekitar mata dan garis-garis ini semakin nyata seiring bertambahnya usia. Garis-garis ini biasa disebut sebagai garis tertawa. Garis ini juga muncul apabila kita mengernyitkan mata.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan krim mata secara teratur. Dan yang tidak kalah penting adalah cukup tidur setiap hari. Penggunaan krim mata dan istirahat yang cukup dapat membantu menghilangkan lingkaran hitam pada mata dan membuat mata tidak terlihat lelah.
Kerut di sekitar alis
Kerutan diantara kedua alis semakin tampak saat usia semakin bertambah. Kerutan ini semakin nyata saat kita mengernyitkan alis.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan melakukan senam wajah, memijat bagian wajah yang berkerut ini dan menggunakan pelembap setiap hari.
Wajah terlihat kusam
Wajah yang terlihat kusam disebabkan karena berkurangnya kemampuan tubuh untuk memperbaiki sel yang rusak.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan pembersih wajah, pelembap dan penggunaan masker secara teratur.
Kulit kering
Kadar air yang semakin sedikit pada saat kita bertambah tua membuat kulit menjadi kering.

Solusi untuk masalah ini adalah memakai produk pelembap kulit yang mengandung vitamin.
Bibir kering
Penuaan wajah juga terlihat pada bibir yang terlihat kering dan tidak lagi berwarna merah atau pink.

Solusi untuk masalah ini adalah dengan menggunakan produk pelembap bibir atau seskali menggunakan masker untuk bibir. Mengoleskan madu pada bibir sebelum tidur dapat menjadi solusi alami yang aman untuk melembapkan bibir.

Manfaat Berjalan kaki bisa meningkatkan kecerdasan

Posted: 25 Dec 2011 02:45 PM PST

Manfaat Berjalan kaki bisa meningkatkan kecerdasan

Manfaat Berjalan kaki bisa meningkatkan kecerdasan

Ilmuwan dari Universitas Illinois menyatakan dan meneliti variabel yang berpengaruh terhadap kecerdasan seseorang ditantarnya karena pengaruh berjalan kaki di udara terbuka. Kegiatan ini sangat mudah dilakukan lewat joging ataupun jalan-jalan bersama anak anda.

Seperti yang dikutip dari geniusbeauty, ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ahli bedah saraf dari University of Illinois yang menemukan bahwa ada hubungan langsung antara otak dengan berjalan.

Menurut direktur riset tersebut, Profesor Art Kramer, tingkat kecerdasan orang akan meningkat jika dia berjalan setidaknya tiga kali seminggu selama 40 menit di udara terbuka. Seperti yang dilaporkan oleh dailymail, para ilmuwan percaya bahwa dengan berjalan akan mengaktifkan seluruh kegiatan dan struktur otak karena adanya rangsangan eksternal.

Mengenal Asam Urat

Posted: 25 Dec 2011 02:45 PM PST

Mengenal Asam Urat

Mengenal Asam Urat

Mengenal Asam Urat, Asam Urat sering dialami oleh banyak orang sekarang ini. Bahkan, orang yang masih tergolong muda juga sering ditimpa penyakit ini. Sebenarnya, seperti apa penyakit ini? Apa saja gejala, penyebab, dan solusinya? Serta makanan apa yang menjadi pantangan? Berikut kita akan membahasnya.

Yang dimaksud dengan asam urat adalah sisa metabolisme zat purin yang berasal dari makanan yg kita konsumsi, ini juga merupakan hasil samping dari pemecahan sel dalam darah.

Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu.

Normalnya, asam urat ini akan dikeluarkan dalam tubuh melalui feses (kotoran) dan urin, tetapi karena ginjal tidak mampu mengeluarkan asam urat yang ada menyebabkan kadarnya meningkat dalam tubuh. Hal lain yang dapat meningkatkan kadar asam urat adalah kita terlalu banyak mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung banyak purin. Asam urat yang berlebih selanjutnya akan terkumpul pada persendian sehingga menyebabkan rasa nyeri atau bengkak.

Penderita asam urat setelah menjalani pengobatan yang tepat dapat diobati sehingga kadar asam urat dalam tubuhnya kembali normal. Tapi karena dalam tubuhnya ada potensi penumpukan asam urat, maka disarankan agar mengontrol makanan yang dikonsumsi sehingga dapat menghindari makanan yang banyak mengandung purin.

Kesimpulan singkat tentang asam urat

  • Gejala Asam Urat
  1. Kesemutan dan linu
  2. Nyeri terutama malam hari atau pagi hari saat bangun tidur
  3. Sendi yang terkena asam urat terlihat bengkak, kemerahan, panas dan nyeri luar biasa pada malam dan pagi.
  • Solusi Mengatasi Asam Urat
  1. Melakukan pengobatan hingga kadar asam urat kembali normal. Kadar normalnya adalah 2.4 hingga 6 untuk wanita dan 3.0 hingga 7 untuk pria.
  2. Kontrol makanan yang dikonsumsi.
  3. Banyak minum air putih. Dengan banyak minum air putih, kita dapat membantu membuang purin yang ada dalam tubuh.
  • Makanan yang Dihindari (mengandung banyak purin)
  1. Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
  2. Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
  3. Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
  4. Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
  5. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
  6. Sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis.
  7. Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas, air kelapa.
  8. Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, tuak.

0 komentar:

Posting Komentar