Kamis, 15 Desember 2011

Tips Kecantikan

Tips Kecantikan


Madu untuk kecantikan

Posted: 15 Dec 2011 02:45 AM PST

Madu untuk kecantikan

Madu untuk kecantikan

Mungkin kita tahu bahwa madu memiliki banyak fungsi untuk kesehatan dan kecantikan, Selama ini banyak orang mengenal madu sebatas sebagai jenis makanan. Dan tentu ada sejumlah produk kecantikan yang dapat dibeli di toko-toko yang berbahan dasar madu, bagi Anda yang tak mau ribet. Tapi jika Anda lebih senang mengambil manfaat madu alami untuk memoles kecantikan Anda, simak tips yang kami suguhkan ini.

1. Masker Madu: Oleskan madu murni pada wajah Anda dan biarkan selama kira-kira 15 menit, hingga mongering. Setelah kering, basuhlah wajah Anda dengan air hangat.

2. Mandi Untuk Kulit Berkilau: Untuk melembabkan, melembutkan dan membuat kulit berkilau, bawa serta sebotol madu saat Anda mandi. Oleskan ke kulit dan tepuk-tepuk dengan kedua tangan hingga mengering. Sementara menepuk-nempuk kulit, madu akan lengket di kulit Anda. Basuhlah bekas madu yang lengket tersebut setelah Anda selesai. Dan Anda bisa menikmati hasilnya dengan kulit yang nampak cantik nan cerah!!!

3.Mandi Madu: Untuk mendapatkan aroma yang manis dan kulit lembut, tambahkan ¼ hingga ½ cangkir madu di air mandi Anda.

4.Scrub Madu: Campurkan 1 sendok teh madu dengan seikit tepung almond ke telapak tangan Anda. Gosokan perlahan ke wajah sebagai scrub wajah. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk mengangkat madu.

5. Pembersih Wajah Setiap Hari: Campurkan 1 sendok makan madu dengan sedikit susu bubuk di telapak tangan. Oleskan di wajah untuk membersihkan semua kotoran dan make-up, dan lalu basuh hingga bersih dengan air hangat.

6. Rambut Berkilau: Untuk membuat rambut Anda berkilau, campurkan 1 sendok makan madu, perasan satu jeruk nipis, dan sedikit air hangat. Bilas rambut Anda dengan shampo seperti biasa dan lalu tuangkan campuran tadi pada rambut. Keringkan rambut dengan cara biasa.

7. Conditioner Rambut: Untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala, campurkan ½ cangkir madu dan satu sendok makan minyak zaitun. Oleskan merata ke rambut dan kulit kepala, lalu ambil penutup rambut dan biarkan selama 30 menit dalam keadaan tertutup. Setelah 30 menit, keramasi dengan shampo dan bilas rambut Anda seperti biasa.

8. Toner Kulit: Untuk mengencangkan, melembutkan dan melembabkan kulit, campurkan 1 buah kulit jeruk ditambah satu sendok makan madu dalam blender hingga halus. Gosokan perlahan campuran madu tadi ke wajah dan biarkan selama 15 menit. Lalu basuh wajah Anda dengan air hangat untuk membersihkan campuran tadi.

Jika Anda mau sedikit repot, dengan tips yang kami berikan di atas Anda dapat menciptakan produk-produk bak spa di rumah. Madu memang produk yang paling luar biasa untuk kecantikan dimana didalamnya terkandung enzyme bermanfaat, vitamin dan mineral. Tapi, sebelum Anda melakukan eksperimen, sebaiknya pastikan produk madu yang Anda beli 100% murni. Dan bagi Anda yang alergi pada madu, sebaiknya jangan mencoba resep ini.

Stres dan Penanggulangannya

Posted: 14 Dec 2011 06:45 PM PST

Stres dan Penanggulangannya

Stres dan Penanggulangannya

Hidup manusia ditandai oleh usaha-usaha pemenuhan kebutuhan, baik fisik, mental-emosional, material maupun spiritual. Bila kebutuhan dapat dipenuhi dengan baik, berarti tercapai keseimbangan dan kepuasan. Tetapi pada kenyataannya seringkali usaha pemenuhan kebutuhan-kebutuhan tersebut mendapat banyak rintangan dan hambatan.

Tekanan-tekanan dan kesulitan-kesulitan hidup ini sering membawa manusia berada dalam keadaan stress. Stress dapat dialami oleh segala lapisan umur.

Stress dapat bersifat fisik, biologis dan psikologis. Kuman-kuman penyakit yang menyerang tubuh manusia menimbulkan stress biologis yang menimbulkan berbagai reaksi pertahanan tubuh. Sedangkan stress psikologis dapat bersumber dari beberapa hal yang dapat menimbulkan gangguan rasa sejahtera dan keseimbangan hidup.

SUMBER STRESS

Sumber stress dapat digolongkan dalam bentuk-bentuk:

1. Krisis

Krisis adalah perubahan/peristiwa yang timbul mendadak dan menggoncangkan keseimbangan seseorang diluar jangkauan daya penyesuaian sehari-hari. Misalnya: krisis di bidang usaha, hubungan keluarga dan sebagainya.

2. Frutrasi

Frustrasi adaah kegagalan dalam usaha pemuasan kebutuhan-kebutuhan/dorongan naluri, sehingga timbul kekecewaan. Frutrasi timbul bila niat atau usaha seseorang terhalang oleh rintangan-rintangan (dari luar: kelaparan, kemarau, kematian, dan sebagainya dan dari dalam: lelah, cacat mental, rasa rendah diri dan sebagainya) yang menghambat kemajuan suatu cita-cita yang hendak dicapainya.

3. Konflik

Konflik adalah pertentangan antara 2 keinginan/dorongan yaitu antara kekuatan dorongan naluri dan kekuatan yang mengenalikan dorongan-dorongan naluri tersebut.

4. Tekanan

Stress dapat ditimbulkan tekanan yang berhubungan dengan tanggung jawab yang besar yang harus ditanggungnya. (Dari dalam diri sendiri: cita-cita, kepala keluarga, dan sebagainya dan dari luar: istri yang terlalu menuntut, orangtua yang menginginkan anaknya berprestasi).

AKIBAT STRESS

Akibat stress tergantung dari reaksi seseorang terhadap stress. Umumnya stress yang berlarut-larut menimbulkan perasaan cemas, takut, tertekan, kehilangan rasa aman, harga diri terancam, gelisah, keluar keringat dingin, jantung sering berdebar-debar, pusing, sulit atau suka makan dan sulit tidur). Kecemasan yang berat dan berlangsung lama akan menurunkan kemampuan dan efisiensi seseorang dalam menjalankan fungsi-fungsi hidupnya dan pada akhirnya dapat menimbulkan berbagai macam gangguan jiwa.

REAKSI TERHADAP STRESS

Reaksi seseorang terhadap stress berbeda-beda tergantung dari:
1. Tingkat kedewasaan kepribadian
2. Pendidikan dan pengalaman hidup seseorang

Reaksi psikologis yang mungkin timbul dalam menghadapi stress:
1. menghadapi langsung dengan segala resikonya.
2. menarik diri dan tak tahu menahu tentang persoalan yang dihadapinya/lari dari kenyataan.
3. menggunakan mekanisme pertahanan diri.

PENANGGULANGAN STRESS

  • Mengenal dan menyadari sumber-sumber stress.
  • Membina kedewasaan kepribadian melalui pendidikan dan pengalaman hidup.
  • Mengembangan hidup sehat. Antara lain dengan cara: merasa cukup dengan apa yang dimilikinya, tidak tergesa-gesa ingin mencapai keinginannya, menyadari perbedaan antara keinginan dan kebutuhan, dan sebagainya.
  • Mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk segala sesuatu yang terjadi dengan tetap beriman kepadaNYa.
  • Minta bimbingan kepada sahabat dekat, orang-orang yang lebih dewasa, psikolog, orang yang dewasa rohaninya, dan sebagainya).
  • Hindarkan sikap-sikap negatif antara lain: memberontak terhadap keadaan, sikap apatis, marah-marah. Hal-hal tersebut tidak menyelesaikan masalah tetapi justru membuka masalah baru.

Selamat mencoba ……….

Cara merawat gigi

Posted: 14 Dec 2011 05:54 PM PST

Cara merawat gigi

Cara merawat gigi

Cara merawat gigi, Gigi merupakan bagian dari tubuh yang keras dan terdapat pada mulut dan gigi juga  mempunyai banyak tugas dalam kehidupan kita sehari-hari. Selain sebagai untuk menghancurkan makanan, gigi ternyata juga memiliki fungsi yang lain. Seperti untuk merobek makanan ataupun lainnya dan untuk hewan gigi dapat dijadikan senjata untuk memburu mangsanya. Untuk itu, bagi kalian yang tergolong masih muda atau anak-abak sebaiknya rawatlah gigi anda dengan sebaik mungkin agar di kemudian hari atau tua'nya anda masih memiliki gigi yang komplit dan terhindar dari kesakitan akibat gigi berlubang atau yang lainnya.

Gigi memiliki struktur pelindung yang disebut email gigi, yang membantu mencegah lubang di gigi. Sebagai bagian dari tubuh, gigi juga memiliki lapisan-lapisan tersendiri. Senyum indah merupakan senyum yang memiliki gigi yang indah pula, dalam arti gigi yang sehat. Untuk itu perawatan gigi juga perlu dilakukan bagi anda.

 

  •  Rawatlah sebelum terlanjur menjadi rusak. Gunakan sedotan jika Anda minum kopi, teh, minuman bersoda dan juga anggur merah. Dengan demikian, minuman tak mengenai gigi secara langsung. Minuman-minuman tersebut biasanya menjadi penyebab kerusakan gigi yang sangat kuat.
  •  Sejumlah zat bisa melekat di gigi Anda dengan mudah. Oleh karena itu Anda harus mecegah terbentuknya noda gigi atau plak. Gunakan brokoli, daun selada atau bayam untuk mencegahnya. Sayur-sayuran itu terbukti sangat manjur untuk urusan mencegah noda gigi.
  • Cara mudah dan sederhana untuk merawat gigi tetap putih adalah menggosok gigi tiga kali sehari dan setiap selesai makan. Namun hati-hati dalam menyikat gigi. Jangan terlalu keras karena itu malah bisa membuat gigi abrasi dan rusak. Lebih bagusnya gunakan sikat gigi elektrik dan atur waktu menyikat gigi selama dua menit. Dan teliti saat menggosok gigi, jangan sampai ada bagian atau sela-sela yang terlewatkan. Sebaiknya gosok gigi sesuai dengan anjuran dokter gigi.
  • Yang termudah dan tercepat namun membutuhkan biaya lebih adalah dengan cara bleacbing atau pemutihan. Model perawatan gigi semacam ini banyak tersedia di klinik gigi dan klinik kecantikan. Perawatan semacam ini bisa bertahan selama dua hingga tiga tahun. Tapi tetap saja setelah di bleaching, Anda harus menjaga makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Merawat Rambut Kering Dengan Minyak Kelapa

Posted: 14 Dec 2011 02:45 PM PST

Merawat Rambut Kering Dengan Minyak Kelapa

Merawat Rambut Kering Dengan Minyak Kelapa

Dengan budaya yang beragam, negara kita memiliki beraneka resep traditional yang hingga saat masih banyak digunakan. Berbagai resep traditional untuk merawat kecantikan misalnya menggunakan tepung beras untuk menghaluskan wajah, mengunyah sirih untuk menguatkan gigi, bahkan memakai minyak kelapa agar rambut tumbuh subur dan tebal? Pasti Anda pernah mendengar salah satu diantara resep-resep traditional tersebut.

Sejak dahulu kala berbagai jenis minyak terkenal dengan kemampuannya untuk mengembalikan kemilau rambut yang rusak akibat dari paparan matahari, polusi, menggunakan hair dryer, dan lain lain. Bahkan sebuat perusahaan di California, Amerika Serikat, Jungle Products karena begitu tergoda dengan manfaat minyak kelapa melakukan kontrak dengan perusahaan minyak kelapa dengan negara-negara di Pasifik selatan dan mengambil keuntungan dengan mengolahnya kembali menjadi hair tonic. Minyak kelapa sendiri banyak digunakan oleh penduduk pribumi untuk merawat kulit dan rambut.

Apabila Anda ingin rambut tumbuh lebih cepat, minyak kelapa juga dapat menjadi senjadi pamungkas karena merupakan sumber asam lemak esensial seperti asam oleic, asam lauric, asam linoleic, asam palmitic, dan lain lain. Agar rambut tumbuh lebih subur, pada dasarnya kulit kepala dan rambut membutuhkan kelembaban yang cukup, yang dapat diperoleh dari minyak kelapa. Oleh karena minyak kelapa sangat cocok digunakan khususnya bagi Anda yang memiliki rambut kering yang cenderung rapuh dan rusak.

Selain itu bagi Anda yang menggunakan minyak kelapa untuk mempercepat pertumbuhan rambut, Anda akan mendapatkan manfaat lain yakni terbebas dan mencegah ketombe pada rambut. Terlepas dari penyebab ketombe karena jamur Seborrhea dermatitis, atau karena kulit kepala yang kering, minyak oil sebagai pelembab extra dapat membantu Anda mengatasi masalah ini.

Minyak kelapa sendiri sudah terbukti membantu mencegah rambut rontok dan tipis. Beberapa masalah yang menyerang rambut akibat pengobatan, kekurangan nutrisi, infeksi kulit kepala, perubahan hormon, maupun kontak dengan zat kimia berbahaya, dan lain lain. Menggunakan minyak kelapa dapat membantu pertumbuhan rambut agar tetap sehat, dan terbebas dari rambut rapuh dan bercabang. Selain itu minyak kelapa bida dibilang bekerja lebih efektif dibandingkan minyak lain, misalnya minyak bunga matahari, dan lain lain, karena khasiatnya yang berganda.

Bagi Anda yang ingin melakukan perawatan rambut dengan menggunakan minyak kelapa, berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ketahui :

1. Ambilah beberapa sendok penuh minyak kelapa pada mangkuk kecil,

2. Campurkan minyak kelapa dengan air mendidih selama 10 menit, hingga sedikit encer.

3. Tunggu hingga dingin, setelah itu usapkan dari akar hingga ujung rambut.

4. Pijat-pijat bagian kulit kepala dengan jari jari dengan gerakan sirkular agar air meresap kedalam kulit.

5. Biarkan selama 1 jam atau sepanjang malam saat Anda hendak tidur, lalu bilaslah dengan shampoo.

0 komentar:

Posting Komentar